cat-kayu-untuk-pendopo

Kebutuhan Cat Kayu Pada Pendhapa

Menilik dari kebutuhan tampilan dan perlindungan cat kayu dibutuhkan untuk melindungi material pada pendhapa.

Rumah adat Jawa yang disebut dengan joglo memiliki bagian penting dan wajib disebut dengan pendhapa. Bagian ini dalam bahasan sansekerta disebut dengan mendapa atau yang berarti menyambut tamu. Dari kata tersebut Anda pasti sudah paham bahwa fungsi pendopo adalah untuk menyambut tamu yang datang. Fungsi lain yang sering digunakan juga untuk menyelenggarakan rapat desa, tari-tarian, wayang, atau pertunjukan kesenian lain.

Pendhapa sekarang sudah jarang digunakan. Hal ini berhubungan dengan material pembuatnya yaitu kayu. Pada zaman dahulu kayu sangat mudah ditemui dan berharga murah karena rata-rata rumah zaman dahulu menggunakan kayu. Saat ini dengan harga kayu yang semakin meninggi maka masyarakat lebih memilih material yang lebih murah seperti semen, batu bata, beton, dll. Kayu juga membutuhkan perawatan salah satunya adalah penggunaan cat kayu. Fungsi cat disni adalah untuk memberikan tampilan serta melindungi serat kayu pada pendhapa.

Baca Juga : tahapan mengecat dinding batu bata dalam rumah

Makna Dan Bagian Penting Pendhapa

cat-kayu-untuk-pendopo
pendopo jawa menggunakan cat Biovarnish

Bentuk asli dari pendhopo adalah hanya menggunakan tiang penyangga atap dan atap dari genteng.. Sehingga tidak membutuhkan dinding dan bersifat terbuka. Sirkulasi udara pendhapa sangat baik dan terasa dingin. Setiap material kayu yang disusun unutk membangun pendhapa memiliki makna tersendiri. Hal ini berhubungan dengan kebiasaan orang Jawa yang selalu memberikan makan untuk banguann yang diciptakan atau benda lain yang dibuat. Makna tersebut digunakan untuk mengingatkan manusia dala hidup di dunia harus bersosialisasi dan juga berketuhanan.

Beberapa bagian pada pendhapa yang bisa dimengerti adalah fungsi beserta maknanya berikut ini:

  1. Soko Guru. Bentuk dari soko guru ini adalah empat tingkat penyangga. Jumlah empat menyimbolkan empat penjuru mata angin yaitu utara, timur, selatan dan barat. Sedangkan manusia berada di tengah-tengahnya. Manusia sebagai tiang penyangga juga mengibaratkan manusia archaic yang bertumpu pada konsep kosmologi sebagai pegangan hidup.
  2. Soko pengerek. Fungsi dari soko pengerek adalah untuk menyatukan keempat soko guru. Hal ini dilakukan agar bagunan berdiri kokoh. Maknanya sendiri adalah sebagai media menyatukan manusia agar selalu ingat bahwa tidak hidup sendiri di dunia. Manusia juga tidak dapat hidup sendiri dan harus berdampingan. Hidup manusia harus saling tolong menolong.
  3. Tumpang Sari. Bagian ini merupakan balok balok yang disusun diatas soko pengerek. Semakin ke atas tumpang sari dissususn semakin mengecil. Bahakan bagian tumpangsari ini biasanya dipenuhi dengan ukiran yang indah. Makna dari tumpang sari adalah bahwa segala kekuasaan adalah milik Tuhan. Maka manusia harus selau ingat terhadap Tuhan.

Dengan makna yang indah dari setiap material yang disusun pada pendhapa ini dibutuhkan cat kayu yang akan melapisi setiap material. Hal ini juga untuk menampilkan makna filosofis secara apik dengan tampilan warna natural transparan dan serat kayu yang indah.

Fungsi Penting Cat Kayu Pada Material Pendhapa

Seperti yang telah dijabarkan di atas bahwa cat kayu memiliki peranan penting. Cat tidak hanya berfungsi untuk memperindah tampilan saja tetapi juga untuk melindungi. Konstruksi pendhopo yang merupakan bangunan outdoor indoor ini secara terbuka mudah terkena sinar matahari. Disini cat kayu akan berfungsi dengan baik yaitu melindungi agar warna kayu tidak mudah memudar.

Merk cat kayu yang bagus unutk digunakan adalah Biovarnish. Bagi Anda yang berada di Jepara dan sekitarnya dapat memesan cat BioVarnish via WA di 08122-525-9280 atau telepon di 0291-598992. Anda juga bisa mengujungi langsung di alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X