Cat Kayu Terbaik Untuk Kayu Ulin

Melapisi kayu ulin dengan cat kayu terbaik akan mencegah proses pelapukan karena panas matahari maupun hujan. Seperti cat kayu Biovarnish yang tahan perubahan cuaca.

Kayu ulin, pasti Anda sudah sering mendengarnya dengan sebutan kayu Kalimantan. Kayu ulin memiliki sebutan lain seperti kayu bulian atau kayu besi. Fungsi utama kayu ulin biasanya untuk material tiang listrik, konstruksi rumah, bisa digunakan juga sebagai konstruksi jembatan, bahkan sering digunakan sebagai material kapal. Kayu yang banyak tumbuh di wilayah Sumatera Selatan dan Kalimantan karena mudah tumbuh di hutan tropika basah.

Baca Juga : mengatasi cat berkapur dinding

Jika Anda salah satu penggemar kayu ulin pasti sudah sangat mengetahui bahwa kayu ulin membutuhkan perlindungan dari cat kayu tahan air terbaik. Dalam memilih produk cat plitur yang bagus untuk kayu ulin, tentu saja salah satunya yang tahan terhadap perubahan cuaca. Tidak semua cat mampu pada perubahan cuaca seperti cat melamin, cat melamin tidak dapat digunakan untuk furniture outdoor karena tidak tahan pada panas matahari.

Baca Juga : merk cat tembok yang bagus untuk dinding lembab

Mengenal Pohon Ulin

Siapa yang tidak mengenal pohon ulin? Mungkin di daerah Jawa jarang ditemui karena kayu ulin cocok dengan tanah basah di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Ciri-ciri pohon ulin adalah memiliki tinggi yang bisa mencapai 50 meter dan diameternya 120 cm hampir sama dengan pohon jati. Pertumbuhan pohon ulin banyak berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dengan strukstur geografi datar sampai miring seperti pada kaki gunung. Pertumbuhan pohon ulin cukup banyak karena tahan terhadap perubahan suhu, kelembapan, dan pengaruh air laut maka tidak heran kayu ulin memiliki tekstur yang sangat keras. Habitat dari pohon ulin sendiri terpisah dengan pohon lain sehingga berbentuk jalur melingkar. Pada bagian bawah pohon ulin terdapat lubang besar. Pembudidayaan pohon ulin butuh waktu yang cukup lama, untuk bijinya saja butuh waktu sekitar 6 hingga 12 bulan. Cara membudidayakan biji pohon ulin adalah dengan meniriskan pada tanah, jenis tanah liat dengan pasir dan terkadang batu kapur, itupun memiliki presentasi keberhasilan yang rendah. Untuk membudidayakan pun membutuhkan curah hujan tahunan 2500 hingga 4000 mm.

Melihat dari cara pembudidayaan kayu ulin yang cukup sulit tidak menurunkan semangat untuk menanam pohon yang memiliki banyak fungsi ini. Manfaat kayu ulin yang penting  adalah untuk sarang orangutan, daunnya sebagai makanan orangutan, penghasil oksigen dan menyerap karbondioksida, menjaga kelestarian alam baik itu penyerapan air tanah, menahan terjadinya banjir hingga pengaruh pada iklim. Fungsi yang paling banyak dari kayu ulin ini adalah sebagai kepentingan ekonomi baik kayu gergajian, kayu ukiran, sebagai material konstruksi, tiang, dll. Walaupun kayu ulin memiliki tekstur keras dan kuat membutuhkan cat kayu terbaik, karena perubahan ekstrim dapat merusak tekstur kayu yang keras. Contoh cat kayu yang cocok untuk kayu ulin adalah merk Biovarnish.

Pentingnya Kayu Ulin Dengan Cat Kayu Terbaik Biovarnish

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cat kayu Biovarnish cocok untuk kayu ulin. Kayu ulin sendiri membutuhkan warna cat yang natural transparan agar serat kayu halus dari kayu ulin dapat terlihat terlebih pada ukiran. Kayu ulin yang menggunakan cat kayu Biovarnish mampu bertahan pada perubahan cuaca baik panas dan hujan. Cat yang melapisi dengan baik ini akan menahan air hujan tidak meresap ke dalam pori-pori kayu ulin. Tidak heran cat kayu Biovarnish dijuluki dengan cat kayu terbaik. Aplikasi cat pada kayu ulin terbilang mudah karena hanya membutuhkan kuas saja dengan bahan cat dicampur dengan air. Dapatkan sekarang juga cat kayu Biovarnish dari service point Yogyakarta dnegan menghubungi costumer service via telepon, sms dan juga Whatss App di nomor 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X