Cat Kayu Jati Untuk Wood Daybed

Wooden daybed yang memanfaatkan kayu jati membutuhkan cat khusus seperti cat kayu jati untuk memberikan warna kayu yang sesuai.

Kayu jati di tahun 2017 masih menjadi unggulan untuk industri wood working yang memasuki pasar internasional atau ekspor. Kayu jati memiliki kualitas kayu unggulan yang belum ada tandingannya selain itu banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Pohon jati memiliki batang lurus dan besar, tingginya saja bisa mencapai 30 hingga 40 meter. Dengan ukuran yang besar tersebut memudahkan pengolahan kayu menjadi barang jadi seperti furniture. Akan tetapi untuk mendapatkan kayu jati yang bagus harus memilih yang sudah berumur tua biasanya sekitar 80 tahun.

Tak heran jika kayu jati memiliki harga mahal karena dilihat dari umur pohon yang tua dan kekuatan yang dihasilkan. Bagian batang kayu memiliki harga paling tinggi sedangkan sisanya seperti cabang kayu dan tree stump dimanfaatkan untuk menciptakan furniture yang artistik. Bagian dari cabang kayu  atau tree stump tersebut direkatkan dengan lem kemudian dibentuk menjadi furniture seperti stool, coffee table atau home decor. Agar furniture lebih menarik lagi dibutuhkan finishing dengan cat kayu jati yang akan memperlihatkan  keindahan serat jati. Selain itu trend warna 2017 yang mengusung tema natural sangat cocok digunakan pada furniture berkayu jati.

Wood Daybed Dengan Ukiran Bali

cat-kayu-jati-Wooden-Daybed-ukiran-baliFurniture kayu jati memang belum ada yang mengalahkan di Indonesia. Salah satu furnitire yang bagus adalah wooden daybed. Furniture ini  digunakan untuk bersantai dan bukan tempat tidur. Kebanyakan orang Bali atau orang Jawa memanfaatkan furniture ini sebagai tempat bercengkrama atau bersantai pada siang hari. Letak furniture ini bisa di teras sebagai ganti furniture meja dan kursi. Agar lebih nyaman bisa ditambah dengan bantalan empuk.

Baca Juga:  Memilih Cat Kayu Yang Tepat Untuk Segala Furniture

Wooden daybed memiliki ciri khas dengan ukiran. Salah satu jenis ukiran yang sering adalah ukiran Bali. Motif ukiran Bali yang berkembang di nusantara memiliki hubungan erat dengan pemberian nama nama kerajaan di tempat tersebut. Bentuk dari ukiran Bali sendiri biasanya lemah gemulai, berirama dengan gaya yang luwes, agung berwibawa dan seolah-olah menggambarkan kepribadian raja pada rakyatnya. Ukiran Bali memiliki ciri ciri tersendiri yang bisa dicermati agar tidak salah dengan ukiran lainnya seperti ukiran Jepara, Surakarta, Yogyakarta dan daerah lain.

Pada umumnya ukiran Bali memiliki bentuk ukiran daun, bunga dan buah dengan bentuk cembung dan cekung. Motif Bali juga memiliki bentuk yang berikal pada ujungnya, memiliki sunggar, endong, simbar, daun trubus, benangan dan pecahan yang berbeda dibandingkan dengan ukiran lain. Ukiran Bali pada wooden bed ini harus diperlihatkan secara natural dan terlihat bernilai tinggi. Agar nilai budaya dan fungsi sebagai penghias terasa harus dilakukan finishing yang tepat dengan cat kayu jati yang tepat pula.

Penggunaan cat yang tepat akan mendukung penampilan wooden daybed sekaligus memberikan perlindungan yang tepat. Kayu jati yang memiliki serat unik harus terlindung dari gangguan luar seperti perubahan cuaca dan hama kayu seperti rayap. Terlabih jika diletakan pada teras rumah yang akan sering terkena panas matahari dan air hujan.

Cat Kayu Jati Yang Bagus Untuk Wood Daybed

cat-kayu-jati-Wooden DaybedFinishing wooden daybed bisa saja menggunakan berbagai macam cat tetapi tidak semua cat tersebut mampu memberikan perlindungan serta memenuhi fungsinya dengan baik. Salah satu cat yang bisa digunakan adalah cat kayu jati BioColours. Cat ini memiliki pilihan warna yang sedang trend di tahun 2017 ini. Anda bisa memilih berbagai macam warna natural mulai dari jati, mahoni, walnut brown, salak brown dan warna lainnya. Dengan sistem spray, cat ini mampu membawa produksi wood working industri Anda sampai ke tingkat internasional. Pasalanya cat kayu BioColours dibuat dengan memenuhi standar regulas ECHA dan US EPA. Oleh karena itu tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya dan penggunaan VOC jauh di bawah standar.

Baca Juga:  Produk Finishing Dengan Merk Cat kayu Tahan Air Biovarnish

Selain pilihan warna cat kayu jati BioColours memiliki tingkat glossy yang natural yaitu BioColours Clear Coat Doft. Dengan menggunakan clear coat ini finishing natural bisa didapatkan dengan mudah. Gunakan cat yang tepat untuk finishing wooden daybed Anda karena finishing yang tepat akan memberikan perlindungan dan penampilan yang maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X