Cat Kayu dan Besi untuk Interior Bergaya Industrial

Cat Kayu dan Besi untuk Interior Bergaya Industrial

Desain interior industrial modern membutuhkan banyak keberanian Anda untuk menyimpang dari gaya yang sudah sering menjadi pilihan. Gaya minimalis, gaya kontemporer, gaya scandinavian yang sering banyak dipilih sangat berbeda dengan gaya interior industrial.

Gaya industrial untuk sebuah ruangan sendiri menitikberatkan tentang mengekspos semua yang ada pada ruangan untuk mencapai gaya yang baku. Berbagai elemen diperlihatkan seperti elemen struktural, tampilan yang tampaknya belum selesai dan kohesif dan chic, inilah yang menjadi fitur dasar dari gaya industrial.

Ruangan dengan gaya industri modern menawarkan kepada Anda kesempatan menarik untuk menyajikan material langsung namun tetap halus, ramping dan modern. Beberapa menampilkan kesan vintage dan klasik.

Jika Anda menyukai konsep hidup terbuka maka ini adalah gaya yang harus dipilih. Perabotan dan aksesori biasanya digunakan di rumah bergaya industri untuk menentukan sebagian besar ruang dan tujuan yang mereka inginkan. Sehingga bisa juga sampai pada detail yang kecil.

Beberapa ide yang dapat digunakan juga berhubungan dengan minimalis, beberapa ruangan menggunakan sentuhan material logam atau metal dan juga kayu. Furniture bergaya pedesaan atau vintage sendiri menggunakan kayu sebagai material utamanya.

Sedangkan untuk gaya modern lebih banyak memanfaatkan metal dan perpaduan keduanya. Jadi jika Anda ingin merancang ruangan dengan industrial maka kedua bahan tersebut tidak bisa terlepaskan.

Bagaimana Anda akan membuat kayu dan metal agar memiliki perpaduan yang menarik dalam gaya ini? Apakah jenis cat yang sebaiknya digunakan untuk menyatakan bahwa desain industrial di rumah Anda berhasil?

Bagi Anda yang sedang mencari cat kayu dan besi yang tepat untuk gaya industrial maka kini berada di tempat yang benar. Pada artikel kali ini Anda akan mengetahui jenis cat apa yang sebaiknya digunakan dan bagian mana saja yang membutuhkannya.

Baca Juga:  Cara Membuat Dempul Kayu Water Based

Bagian Ruang yang Membutuhkan Cat Kayu Besi

Sebelum masuk ke dalam jenis cat, pahami dulu seperti apakah hasil finishing yang diinginkan. Baik itu perabotan atau dekorasi ruangan membutuhkan perpaduan warna yang tepat. Seperti apakah bagianterkespose dalam gaya industrial?

Jika Anda memilih gaya ini, maka ketahuilah bahwa banyak bagian yang dapat diperlihatkan. Berikut ini beberapa bagian ruangan yang membutuhkan cat kayu besi beserta pilihan warna yang tepat.

  • Pipa besi

Di dalam rumah yang merupakan bekas gudang atau pabrik tentu saja akan menampilkan berbagai macam pipa yang berada di atap rumah. Pipa ini bukan hanya sebagai hiasan namun juga memiliki fungsi seperti lubang udara atau saluran air.

Anda tidak perlu menutupnya karena bentuk dari pipa ini justru dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan. Anda bisa mengecatnya dengan warna hitam untuk menyamarkan dengan atap. Anda juga bisa mengecatnya dengan warna hitam untuk menampilkan kontras pada atap berwarna putih dan abu-abu.

  • Tangga

Jika Anda memiliki tangga di ruang tamu yang menghubungkan ke lantai dua maka pemilihan cat yang tepat harus dilakukan sejak sekarang. Jika tangga terbuat dari besi maka pilihlah cat yang juga berwarna hitam.

Warna hitam akan membuat tangga terlihat lebih kokoh dan kuat, apabila bagian pijakan terbuat dari kayu Anda bisa memberikan lapisan pernis. Perpaduan warna alami dan warna hitam dari besi akan menciptakan kontras material yang terlihat.

  • Tiang penyangga

Biasanya dalam ruangan bergaya industrial memiliki tiang penyangga dari baja atau besi berbentuk kotak. Ruangan yang besar membutuhkan beberapa tiang penyangga untuk memperlihatkan struktur bangunan.

Cat Kayu dan Besi untuk Interior Bergaya Industrial

Inilah saatnya Anda menggunakan cat kayu besi berwarna hitam atau coklat. Pemilihan warna gelap dalam kasus ini adalah untuk membuat tampilan ruangan menjadi lebih kokoh sama seperti pemilihan warna pada tangga.

  • Furniture
Baca Juga:  Mudahnya Menggunakan Cat Kayu Kuas Biovarnish

Perhatikan furniture yang akan digunakan. Jika Anda tidak akan menggunakan sofa maka beberapa furniture lainnya memerlukan struktur besi. Struktur ini bisa terbuat dari besi maupun pipa besi seolah-olah furniture dibuat dari barang bekas pabrik.

Padukan dengan kayu yang di finishing dengan rustic. Struktur perlu diperlihatkan di di finishing dengan warna abu-abu. Perpaduan ini akan terlihat kompak dan menggambarkan ruangan bergaya industrial dengan matang.

Selain pemilihan finishing seperti di atas, ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk menambah ruangan bergaya industrial menjadi semakin nyaman. Misalnya saja penerangan, Anda bisa menggunakan bentuk bolam lampu yang artistik berukuran besar sebagai lampu gantung di ruang keluarga.

Atap yang tinggi juga merupakan ciri khas rumah bergaya industrial. Ruangan yang tinggi dengan jendela kaca yang besar akan membuat cahaya alami bisa masuk dan sirkulasi udara yang terbentuk maksimal.

Pastikan Anda menggabungkan berbagai macam elemen untuk mencapai ruangan dengan gaya industrial ini.

Jenis Cat Kayu Besi yang Harus Digunakan

Kini saatnya untuk menentukan jenis cat kayu apakah yang sebaiknya digunakan. Seperti saran yang telah diberikan, Anda bisa menggunakan warna-warna solid pada besi dan matel.

Warna-warna ini bisa Anda capai dengan cat kayu besi Orchid yang menyediakan warna lengkap untuk desain interior bergaya industrial. Pilihan warna hitam, abu-abu, coklat bahkan putih tersedia.

Cat Kayu dan Besi untuk Interior Bergaya Industrial

Cat kayu besi Orchid harus Anda gunakan untuk ruangan bergaya industrial karena untuk mengurangi efek udara beracun yang biasanya dikeluarkan cat berpelarut solvent. Cat kayu besi Orchid adalah cat enamel yang bisa Anda aplikasikan baik itu pada furniture kayu atau besi.

Cat ini memiliki beberapa fitur yang menguntungkan siapa saja. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memanfaatkannya untuk finishing.

  • Proses aplikasi mudah
Baca Juga:  Mau Punya Kursi Anak Kayu yang Menarik? Yuk Cek Caranya Di Sini

Tingkat mudahnya aplikasi sebuah cat adalah tergantung dengan alat yang digunakan. Kemudahan cat kayu besi Orchid adalah mudah diaplikasikan dengan alat kuas. Alat ini tentu bisa dijangkau oleh siapa saja baik pemula hingga profesional.

Proses aplikasi dengan kuas bukan berarti hasil finishing tidak halus. Jika Anda bisa membuat larutan yang tepat maka aplikasi cat akan bebas brush mark. Cat tidak akan menimbulkan bekas yang sangat mengganggu dan menampilkan permukaan yang kasar.

  • Waktu kering yang cepat

Masih seputar proses aplikasi, cat Orchid berbeda dengan cat enamel lainnya yang membutuhkan waktu kering lebih lama. Cat yang sudah diaplikasikan akan kering dengan cepat dalam waktu 60 menit saja.

Bahkan untungnya lagi, Anda tidak perlu menjemurnya di panas matahari. Proses pengeringan yang cepat bisa Anda capai selama mendinginkannya dalam ruangan saja.

  • Daya tutup yang tinggi

Bagi Anda yang takut warna besi asli akan terlihat atau warna serat kayu yang nampak walaupun sudah memberikan beberapa lapisan jangan khawatir. Cat kayu besi Orchid akan menutup permukaan kayu dan besi hingga sempurna.

Daya tutup yang diberikan bisa didapatkan setelah Anda melapisi material dengan empat atau tiga lapisan cat. Masing-masing lapisan cat bisa tipis sehingga memberikan perlindungan yang lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X