Cara Mengecat Dinding Bata dalam Rumah

Aplikasikan cara mengecat dinding bata dalam rumah berikut ini untuk memberikan kesan dinding bata yang lebih variatif.

Dinding bata warna hijau yang tampak menawan.
Dinding bata warna hijau yang tampak menawan.

Tembok atau dinding bata di dalam rumah bisa digunakan untuk memberikan kesan yang lebih tradisional. Untuk itu, perlu dilakukan pengecatan agar dinding bata juga semakin indah. Pengecatan juga perlu dilakukan untuk memberikan proteksi pada bata-bata tersebut. Berikut ini cara mengecat dinding bata di dalam rumah yang bisa Anda ikuti. Aktvitas ini bisa Anda lakukan bersama keluarga saat liburan berlangsung. Selain menghasilkan keindahan dan proteksi pada dinding bata, aktivitas ini juga akan meningkatkan kebersamaan antar anggota keluarga.

Baca Juga : Tips mencegah cat dinding berkapur dan cara mengatasi cat dinding yang terlanjur berkapur

Langkah-langkah Cara Mengecat Dinding Bata dalam Rumah

  1. Bersihkan tembok bata menggunakan cairan bersabun. Gunakan spons atau sikat serta penyedot debut. Arah pembersihannya adalah ke bawah untuk menjatuhkan kotoran ke lantai. Diamkan hingga 12 jam agar bata benar-benar kering.
  2. Gunakan dempul kayu untuk mengatasi bila ada kerusakan/cacat berupa lubang pada dinding bata.
  3. Oleskan cat primer dan lapisan cat dasar yang sesuai untuk batu bata. Gunakan roll untuk mengacat namun tetap sediakan dan gunakan kuas untuk mengoleskan cat primer pada bagian yang tidak dapat dicapai dengan rol. Biarkan hingga kering. Cari tahu keterangan waktu mengeringnya cat pada label yang ditempel pada kaleng.
  4. Pilih jenis cat akrilik berbahan dasar air atau water based yang ditujukan untuk penggunaan interior. Lakukan pengecatan menggunakan roll dan kuas. Tunggu hingga benar-benar kering. Cari tahu keterangan waktu mengeringnya cat pada label yang ditempel pada kaleng.
  5. Ulangi lagi pelapisan menggunakan cat. Dinding bata memiliki pori-pori yang lebih besar dibanding dinding yang telah diplester. Dengan demikian, Anda memerlukan setidaknya dua lapis cat untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Dalam menerapkan langkah-langkah cara mengecat dinding bata dalam rumah seperti di atas, Anda tidak perlu terpaku pada satu jenis warna cat. Dinding bata bisa tampil menawan dengan warna-warna yang tidak biasa seperti biru hingga hijau. Gali ide-ide kreatif Anda sehingga interior rumah Anda tidak terlihat biasa.

Baca Juga : cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cat dinding yang bergelembung

Dinding bata warna biru yang tidak biasa.
Dinding bata warna biru yang tidak biasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X