Mengenal Bahan Penyusun Cat

Bahan penyusun cat terdiri atas beberapa jenis dari pigmen hingga binder. Kenali jenis-jenis bahan penyusun produk yang hampir selalu digunakan untuk produk-produk buatan manusia ini.

Terdapat beberapa jenis bahan pembuat cat.
Terdapat beberapa jenis bahan pembuat cat.

Cat merupakan bahan yang hampir selalu dimanfaatkan untuk melindungi produk-produk buatan manusia. Cat akan dengan mudah Anda temui pada meja tempat Anda bekerja hingga pada pagar di depan rumah Anda. Fungsi cat sendiri adalah untuk memberikan proteksi serta meningkatkan estetika. Produk yang tidak dicat sangat rentan mengalami kerusaka akibat pelapukan hingga serangan organisme.

Dalam produksinya, cat dibuat menggunakan beberapa jenis bahan. Berikut ini jenis bahan penyusun cat yang umum digunakan:

  1. Pigmen digunakan untuk memberikan warna pada cat. Pigmen bisa dibedakan atas pigmen sintetis dan natural. Contoh pigmen natural adalah pigmen yang asalnya dari kalsium karbonat, silika, hingga mica. Sedangkan pigmen sintetik contohnya adalah molekul-molekul yang dibuat manusia hingga kalsium karbonat sintetis. Meskipun pigmen sangat banyak digunakan dalam cat, namun ada juga cat yang menggunakan dye. Dye merupakan bahan pewarna yang ukurannya lebih kecil dan dapat membuat campuran yang rata di dalam air.
  2. Liquid adalah bahan yang fungsinya sebagai pembawa berbagai komponen solid. Liquid bisa berwujud air pada cat water based, sedang pada cat oil based, jenis liquid yang digunakan antara lain thinner.
  3. Binder merupakan komponen pokok yang digunakan dalam pembuatan cat. Binder berfungsi sebagai bahan perekat sehingga lapisan cat akan menempel/ merekatkan pada media. Jenis binder yang digunakan juga berperan untuk membangun karakteristik lapisan cat atau coating.
  4. Additive adalah bahan penyusun cat yang berfungsi sebagai thickener: Bahan ini bisa menghasilkan kekentalan tertentu serta menjaga kestabilan emulsi agar filler dan liquid tidak memisah. Antifoam: mencegah timbulnya busa pada saat cat diaduk di pabrik, pada saat cat diaduk dalam kemasannya dan pada saat cat diaplikasikan di permukaan. Biocide: mencegah timbulnya jamur di dalam kaleng/kemasan dan di permukaan tembok yang sudah dicat.
Baca Juga:  Ini Dia Bahan Pemutih Kayu Jati Untuk Cerah Sempurna

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X