Cara Aplikasi Sanding Sealer Bening Pada Furniture Lama

Cara Aplikasi Sanding Sealer Bening Pada Furniture Lama

Mendapatkan finishing open pore pada furniture lama membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Aplikasi sanding sealer dibutuhkan dan cara aplikasinya membutuhkan jenis sanding sealer bening yang tahan lama. Pada finishing open pore sanding sealer terkenal dengan dikenal dengan lapisan cat pertama. Pemilihan jenis sanding sealer juga ditentukan dengan lapisan cat di atasnya yakni wood stain atau top coat.

Apabila Anda akan menggunakan wood stain atau top coat water based maka disarankan untuk menggunakan sanding sealer water based. Sebaliknya apabila Anda menggunakan wood stain atau top coat solvent maka dibutuhkan lapisan sanding sealer yang terbuat dari solvent.

Pada furniture lama, lapisan cat yang lama masih melekat. Dibutuhkan proses penghilangan lapisan cat yang lama. Bahkan beberapa jenis kayu membutuhkan proses bleaching untuk menyamakan warna kayu yang belang akibat lapisan cat lama.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Bening Pada Furniture Lama
finishing yang rusak karena tidak menggunakan sanding sealer

Sanding sealer yang diaplikasikan sesudah menghilangkan lapisan cat lama dan juga bleaching akan berfungsi sebagai bahan pelindung untuk membuat kayu bertahan dan juga meratakan warna wood stain. Tidak akan ada efek bleeding yang sering terjadi tanpa lapisan sanding sealer.

Sanding sealer juga membantu untuk mengisi bagian cacat kecil dan mengisi pori kayu yang berukuran cukup halus seperti kayu oak, jati, mahoni. Sanding sealer akan membantu untuk mendapatkan hasil finishing yang benar-benar halus, khususnya pada table tops, meja rias dan beberapa meja kantor.

Memulihkan Permukaan Furniture Lama dengan Bleaching

Bagi para pemula memulihkan warna furniture yang lama akan membutuhkan waktu cukup lama yakni 4 jam dengan masa kering selama 6 jam lebih. Sedangkan para profesional akan membutuhkan waktu aplikasi yakni 1 hingga 2 jam dengan masa kering selama 4 jam pada tahapan ini. Mengapa?

Baca Juga:  Aplikasi Cat Kayu Warna Natural Masih Menjadi Trend

Profesional sudah memahami jenis kayu dan mengenal karakteristiknya maka pada saat aplikasi bleaching sudah paham seberapa tebal lapisan yang dibutuhkan. Sedangkan para pemula membutuhkan pengalaman dan belum tentu sekali aplikasi bahan bleaching sudah mendapatkan hasil yang sempurna.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Bening Pada Furniture Lama
Furnitur rusak perlu dilapisi cat ulang

Pertama adalah menyiapkan furniture lama dengan bahan kimia penghilang lapisan cat atau stripper. Siapkan juga bleaching yang aman seperti White Agent 250 untuk tahapan kedua nanti. Tuangkan dan ratakan cairan stripper ke seluruh permukaan furniture, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan masker.

Meratakan stripper bisa menggunakan psau pallet. Tunggu beberapa menit maka cat akan bereaksi dan mengelupas. Gunakan pisau palet kembali dan hilangkan lapisan cat yang mengelupas. Lanjutkan dengan hand sander untuk mengamplas seluruh permukaan cat hingga benar-benar hilang. Hasilnya harus serat dan warna kayu asli tampak.

Kedua adalah aplikasi WA 250. Campurkan WA 250 dengan air gunakan perbandingan 2 nbahan : 1 air. Aduk rata kemudian gunakan kuas untuk meratakan larutan ke seluruh permukaan furniture. Diamkan furniture namun jangan dijemur. Warna furniture akan berubah menjadi putih.

Warna putih yang dihasilkan tidak merusak substrat kayu atau tampilan serat kayu. Apabila jenis kayu yang digunakan adalah kayu berwarna gelap maka sebaiknya ulangi aplikasi setelah warna berubah sekitar 3 jam kemudian. Warna yang terlalu gelap nantinya akan mengganggu hasil warna wood stain.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Bening Pada Furniture Lama
perebedaan warna kayu menggunakan bleaching dan tidak

Pastikan warna kayu berubah menjadi berwarna terang dan tidak terlihat warna aslinya. Warna yang putih cerah akan lebih mudah untuk diberikan warna lain dari wood stain nantinya. Pastikan tidak melakukan penjemuran setelah furniture diaplikasikan WA 250 karena obat tidak akan bekerja sempurna.

Apaila warna yang didapatkan sudah sesuai maka lanjutkan dengan pengamplasan. Mengamplas akan menghilangkan sisa debu atau kotoran yang masih menempel. Kemudian bersihkan sisa debu pengamplasan dengan kain kering dan bersih.

Baca Juga:  Finishing Warna Gardena Teak Tidak Merusak Lingkungan. Ternyata....

Proses Aplikasi Sanding Sealer Bening Pada Furniture

Jika furniture sudah dihilangkan dari lapisan cat lama dan diberikan WA 250 maka kini media substrat kayu sudah siap untuk memasuki proses finishing. Kini Anda cukup mempersiapkan sanding sealer, wood stain dan juga top coat. Merk atau produk yang disarankan untuk digunakan adalah BioColours.

Mengapa BioColours? Karena produk ini adalah produk water based yang lebih tahan lama dan juga aman dibandingkan dengan cat solvent. Apabila Anda ingin menggunakannya pada furniture eksterior, lapisan cat akan melindungi dari air dan juga panas atau bahkan perubahan cuaca. Ketahanan perlindungan pada furniture sama seperti perlindungan yang diberikan pada penggunanya yakni manusia.

Bahan organik yang terkandung dalam cat sangat sedikit sehingga pada waktu aplikasi tidak ada karbon atau toxic yang bisa terhirup dan membahayakan jiwa manusia di masa depan. Cara aplikasinya yang mudah membuat banyak orang memilih BioColours untuk digunakan sehari-hari.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Bening Pada Furniture Lama
proses aplikasi cat dengan alat semprot

Bagaimana cara aplikasi sanding sealer bening hingga mendapatkan hasil finishing open pore? Berikut ini cara aplikasinya:

  1. Pengamplasan untuk membuka pori kayu dan membuat permukaan lebih halus wajib dilakukan minimal satu jam sebelum proses finishing berlangsung. Pengamplasan ini perlu dilakukan dengan kertas amplas 220. Bersihkan debu pengamplasan sesudahnya agar hasil finishing tetap halus.
  2. Campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Masukan larutan ke dalam tabung spray gun dan nyalakan kompresor. Coba semportkan ke permukaan lain untuk mengetes. Jika larutan yang keluar sudah selesai langsung aplikasikan pada furniture. Dapatkan permukaan yang benar-benar halus dan rata.
  3. Selesai aplikasi BioColours sanding sealer, diamkan furniture dalam ruangan dan tunggu kering. Tanpa dijemur lapisan cat akan mengering sekitar 60 menit lamanya. Apabila sudah kering benar lanjutkan dengan proses pengamplasan secara ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas sesudahnya.
  4. Pilih warna BioColours wood stain sesuai keinginan. Terdapat 20 pilihan warna natural yang bisa dipilih. Sesudah itu mulai campurkan wood stain dengan air, gunakan perbandingan sama yakni 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Lanjutkan dengan aplikasi semprot dan tunggu kering tanpa dijemur. Lanjutkan dengan proses pengamplasan kemudian bersihkan debu amplas. Apabila warna yang dihasilkan belum sesuai ulangi aplikasi wood stain dengan langkah yang sama.
  5. Lapisan akhir adalah BioColours top coat. Pilih antara dua tampilan akhir gloss atau matte. Setelah itu campurkan BioColours top coat pilihan Anda ke dalam gelas plastik bersih ditambah air. Gunakan perbandingan bahan 2 : 1 air. Aduk rata kemudian mulai semprotkan larutan dengan spray gun. Lapisan akhir membutuhkan waktu 24 jam untuk kering.
Baca Juga:  Polyurethane vs Laquer Mana Yang Lebih Baik?

Apabila waktu kering yang dicapai sudah sesuai maka lapisan film sudah terbentuk dan tampilan furniture natural sudah bisa didapatkan. Hasil yang sempurna tergantung dengan persiapan substrat kayu sebelumnya jadi persiapan adalah bagian yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan selama proses finishing berlangsung.

Segala proses finishing cat water based BioColours tidak membutuhkan panas matahari sehingga waktu musim hujan pun lapisan cat akan tetap mengering dengan sempurna.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X