5 Faktor Penting untuk Melakukan Finishing dengan Mudah

5 Faktor Penting untuk Melakukan Finishing dengan Mudah

Dibandingkan dengan pengerjaan kayu atau membentuk sebuah furniture, finishing adalah langkah terakhir yang sangat sederhana. Tujuan dari finishing tidaklah rumit yaitu mentransfer cat atau pernis dari kaleng atau wadah lainnya pada kayu.  

Tiga alat sederhana yang biasanya digunakan untuk melakukan finishing adalah kain bal, kuas dan juga pistol semprot atau spray gun. Beberapa jenis alat lainnya seperti pad atau roller termasuk dalam kuas.

Ketiga jenis tersebut mudah digunakan bahkan spray gun yang sekilas terlihat rumit untuk diaplikasikan. Banyak pekerja di bidang kayu berjuang untuk melakukan finishing dan menganggap finishing adalah proses yang cukup rumit.

Beberapa hal yang sering dianggap sulit antara lain adalah memilih bahan finishing mulai dari warna dan juga kualitasnya. Seringkali di awal pemilihan cat sangat sulit karena Anda harus memilih dari puluhan jenis cat yang tersedia di pasaran.

Ada beberapa jenis cat yang bagus, namun ada pula jenis cat yang berkualitas bagus. Selain dari memilih jenis bahan finishing dan mengenal alat -alat untuk diaplikasikan terdapat faktor lain yang penting untuk diperhatikan.

Lima faktor ini adalah biaya finishing, kecepatan melakukan finishing, tingkat produksi lapisan coating dan jumlah relatif limbah yang dihasilkan. Ada pula masalah cuaca yang spray gun yang berkaitan.

Kelima faktor tersebut berhubungan penuh dengan bagaimana Anda menggunakan alat dan bahan finishing yang tepat. Berikut ini penjelasan dari masing-masing faktor secara lebih terperinci.

  • Biaya finishing

Jika dilihat dari biaya, kain lap katun untuk proses wiping dalam finishing tidaklah mahal. Biasanya bahan ini digunakan jika Anda akan melakukan finishing seperti tung oil. Selain murah, kain ini cocok untuk digunakan dalam pekerjaan finishing yang kecil.

Baca Juga:  Ciptakan Tampilan Menarik Sangkar Burung dengan Cat Orchid

Selain kain, kuas juga alat yang tidak mahal meskipun harganya lebih tinggi daripada kain. Kuas yang beredar di pasaran sesuai dengan jenis bulunya yaitu kuas bulu nilon dan kuas bulu alami. Penggunaan keduanya harus disesuaikan dengan jenis cat.

5 Faktor Penting untuk Melakukan Finishing dengan Mudah

Spray gun adalah alat yang paling mahal dibandingkan dengan alat lainnya. Jika Anda adalah produsen furniture maka sebaiknya memilih alat ini. Anda bisa sekali membeli dalam harga mahal namun dapat digunakan selama bertahun-tahun.

Apabila Anda sangat memperhatikan budget finishing, maka alat kain dan kuas bisa menjadi pertimbangan yang utama.

  • Kecepatan proses finishing

Anda dapat menerapkan cat atau pernis pada area kayu yang lebih luas dengan kecepatan tinggi menggunakan alat lap atau spray gun. Dibandingkan dengan kuas yang berukuran lebih kecil dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menjangkau area yang lebih luas.

Kain sangat efektif untuk menghilangkan kelebihan cat pada permukaan seperti yang biasa Anda lakukan dengan wood stain dan oil. Spray gun sangat efektif mengaplikasikan cat and merekatkan sebuah lapisan coating pada permukaan kayu.

Sebagai perbandingan, kuas adalah alat yang tidak efisien. Kuas hanya dapat membawa sedikit cat sehingga harus selesai dalam satu waktu. Anda harus terus menerus mencelupkan kuas ke dalam larutan cat untuk membuatnya kembali.

  • Lapisan coating

Pada kasus Anda tidak dapat menghapus kelebihan cat pada permukaan maka menyelesaikan lapisan coating sangatlah penting. Anda selalu dapat mengamplas lapisan baru untuk menghilangkan cacat seperti bekas sapuan kuas dan bentuk kulit jeruk sehingga membuatnya merata.

Akan tetap membutuhkan kerja ekstra dan selalu selalu disertai resiko untuk mengamplas dan menyebabkan kerusakan yang sulit diatasi. Tujuan dari mengaplikasikan cat adalah untuk membuatnya memiliki banyak lapisan coating dari awal.

Baca Juga:  Tips Aplikasi Cat Kayu Transparan Open Pore

Tiga alat yang berbeda dalam masing-masing kemampuannya akan memberikan lapisan coating berbeda. Hampir tidak mungkin untuk menerapkan cat dengan kain tanpa meninggalkan bekas pada tepi furniture yang lebih dalam. Oleh karena itu lapisan coating bisa saja tidak merata dan juga harus kerja ekstra untuk mengamplasnya.

5 Faktor Penting untuk Melakukan Finishing dengan Mudah

Kuas adalah alat yang memberikan hasil kerja lebih baik, sayangnya kuas meninggalkan bekas sapuan. Hal ini bahkan berlaku jika Anda menggunakan kuas dengan busa yang akan meninggalkan pinggiran di setiap sapuan kuas. Bahkan jika Anda telah membeli kuas yang berharga mahal.

Spray gun menghasilkan permukaan dengan lapisan coating paling baik. Namun ada pula kekurangannya yaitu menimbulkan efek kulit jeruk. Jadi hampir tidak mungkin untuk menerapkan cat dengan yang yang sangat sempurna. Kecuali Anda mengamplas dan menerapkan cat kembali.

Ketiga alat tersebut pasti akan selalu memberikan kekurangan setelah cat diaplikasikan. Oleh karena itu setelah lapisan cat pertama kering Anda harus meratakannya menggunakan amplas. Penting untuk menggunakan amplas yang halus untuk tidak menimbulkan kerusakan pada permukaan cat.

  • Limbah yang dihasilkan

Limbah tidak diinginkan karena efek samping yang ditimbulkan dan polusi yang ditinggalkan. Mengelola limbah yang benar bisa menjadi lebih mahal bukan karena cat yang tidak digunakan namun sebagian besar limbah tertinggal di udara, lantai, atau pada spray gun.

Kain dan kuas adalah alat yang 100 persen lebih efisien. Sebagai perbandingan spray gun sangat tidak efisien karena sebagian besar cat yang dikeluarkan akan mencemari udara di lingkungan. Sehingga cat yang digunakan juga harus lebih banyak bisa dua kali lipat dibandingkan kuas dan kain.

Memilih jenis spray gun juga sangat penting. Anda bisa menggunakan spray gun HVLP yang meminimalisir cat yang terbuang sia-sia. Dibandingkan peralatan semprot lama.

  • Cuaca pada saat melakukan finishing
Baca Juga:  Cara Mengecat Lemari Kayu Warna Putih dengan Alat Semprot

Apabila Anda tinggal di iklim yang dingin dan tidak menyelesaikan finishing di luar ruangan maka Anda akan mengalami masalah ketika menggunakan spray gun. Pistol semprot ini akan menghasilkan penyemprotan yang berlebih dan memenuhi udara dalam ruangan.

Ini akan menjadi pekerjaan yang rumit karena cat di udara akn mengganggu pernapasan, selain itu dapat mengenai benda-benda lain di dalam ruangan. Anda harus membuang semprotan berlebih ini yaitu dengan mengganti udara di dalam ruangan. Pastikan ventilasi udara harus terjadi dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan kuas atau kain selama finishing dimana semua cairan akan benar-benar dipindahkan ke permukaan kayu. Anda tidak akan menyebabkan pencemaran lingkungan di dalam ruangan.

Sisanya adalah bagaimana cat akan mengering. Pada jenis cat kayu yang beprelarut solvent sangat tergantung dengan panas matahari. Anda tidak bisa menggunakannya pada cuaca yang dingin dan lembab bahkan hujan.

Jika Anda mengalami masalah tersebut sebaiknya gunakan cat kayu water based. Sebagai alternatif pengganti cat solvent, cat dapat diaplikasikan mudah dengan kuas dan kain. Cat juga akan mengering dalam ruangan walaupun cuaca sedang lembab.

Jangan khawatir karena cat akan tetap mengering dengan sempurna. Lapisan terakhir dari cat water based akan mengering dalam semalam. Sedangkan untuk lapisan antar coating akan mengering dalam satu hingga dua jam paling lama.

Dengan begitu kendala cuaca tidak akan menjadi masalah untuk Anda bisa melakukan finishing kapan saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X