cat pagar bambu

Cat Pagar Bambu Terkesan Alami. Lakukan 2 Tips Ini!

cat pagar bambuCat pagar bambu sangat efektif digunakan untuk merawat dan menampilkan bambu lebih indah. Gunakan cat aman demi menjaga kesehatan dan lingkungan.

Apakah Anda kesulitan saat menggunakan bambu untuk dekorasi rumah? Bambu merupakan bahan yang sangat efektif digunakan untuk menggantikan peran kayu. Bambu sendiri lebih kuat dari kayu selain itu tidak kalah indah tampilannya dengan kayu. Namun, bambu sangat rentan terhadap serangan serangga pengganggu seperti rayap dan serangga bubuk atau disebut dengan teter. Selain itu, jika terpapar sinar matahari atau guyuran hujan setiap saat, bambu akan cepat lapuk. Beberapa kelemahan tersebut lah yang menjadi tantangan Anda untuk menggunakan bambu sebagai dekorasi rumah seperti halnya pagar. Namun, Anda tidak perlu cemas jika Anda tahu cara perawatan dan penggunaan cat pagar bambu yang tepat.

Bambu yang sudah dilapisi pelindung seperti anti serangga memiliki life cyrcle sekitar 15-20 tahun. Selain melakukan perawatan, Anda juga perlu menggunakan cat pagar bambu yang tepat saat tahap finishing.

Bambu Akan Tahan Lama Jika Tahu Penggunaan Cat Bambu Pagar Yang Tepat

pagar bambuSeperti yang diulas sebelumnya, bahwa bambu tidak tahan dengan serangan serangga pengganggu dan tidak tahan cuaca apalagi cuaca ekstrem seperti di Indonesia. Maka dari itu, Anda memerlukan perawatan terlebih dahulu sebelum menjadikan bambu untuk dekorasi rumah. Berikut 2 tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat bambu dan menampilkan kesan alami dengan cat pagar bambu:

  • Masukkan anti serangga (BioCide Insecticide) kedalam air dengan perbandingan 1:300. Kemudian rendam bambu yang masih mudah atau maih hijau kedalam air yang sudah dicampur dengan anti serangga sekitar 1-2 jam. Angkat bambu dan tunggu sampai kering.
  • Langkah selanjutnya adalah finishing. Gunakan cat pagar bambu aman dan ramah lingkungan, seperti Orchid Enamel Paint. Cat ini memiliki daya lekat yang bagus, cepat kering, tahan cuaca, tahan air dan mudah diaplikasikan. Bahkan cat ini juga cocok diaplikasikan pada bambu yang mengkilap seperti kaca (memiliki kandungan silika).
Baca Juga:  Aplikasi Finishing Food Grade Untuk Tableware Yang Mudah Dilakukan

Jika Anda sudah melakukan tahap treatment pada bambu, langkah selanjutnya adalah finishing dengan plitur bambu aman dan ramah lingkungan. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pastikan material bambu benar-benar kering dan permukaan tidak terdapat kotoran atau debu karena dapat mengurangi daya rekat cat pagar bambu. Amplas jika perlu, untuk menghaluskan bambu dan menghilangkan kotoran tersebut.
  2. Gunakan WSO (Wood Stain Outdoor) untuk memberikan warna dasar pada permukaan bambu. Tunggu hingga kering.
  3. Aplikasikan Orchid Enamel Paint keseluruh permukaan bambu terutama pada bagian-bagian ruas bambu. Gunakan air untuk mengencerkan Orchid Enamel Paint dengan takaran 2 bahan Orchid Enamel Paint : 1 bahan air. Gunakan kuas atau semprot pada permukaan bambu.
  4. Tunggu hingga kering, jika sudah benar-benar kering dan Anda merasa kurang dengan yang dihasilkan. Anda dapat mengulangi langkah no. 2, namun alangkah baiknya amplas terlebih dahulu permukaan bambu lalu diaplikasikan Orchid Enamel Paint kembali.
  5. Tunggu hingga kering, lalu aplikasikan EP 3050 untuk mendapatkan tampilan glossy atau doff pada permukaan bambu. Disarankan penggunaan topcoat sesuai dengan takaran (2 bahan topcoat: 1 bahan air). Dan lihat hasilnya.

orchid enamel paintPenggunaan cat water based tidak akan mencemari lingkungan selain itu juga aman untuk kesehatan. Bahkan cat tersebut tidak beracun dan tidak berbau, banyak di pasaran akan mengenali cat solvent based yang cenderung berbau sangat menyengat. Apakah Anda menyadari bahwa penggunaan cat tersebut tidak aman? Ya, cat etrsebut mengandung merkuri dan timbal yang tidak baik untuk kesehatan manusia. Jika kedua bahan tersebut terhirup dapat mengakibatkan penyakit seperti pusing-pusing, gangguan hati, gangguan sistem syaraf, atau bahkan terjangkit kanker.

Baca juga : 4 Rahasia Mengecat Kursi Bambu dengan Cat Enamel?

Baca Juga:  Desain dan Trend Warna Cat Kayu 2016

Cat water based sangat disarankan, karena penggunaan ini juga untuk menggerakkan peduli lingkungan. Di bagian Amerika dan Eropa telah lama menggunakan cat water based ini demi keamanan manusia dan lingkungan. Sedangkan di Indonesia, penggunaan cat water based sekitar 5 tahun terakhir ini. Maka dari itu, tidak inginkah Anda ikut serta menjaga lingkungan? Akan kah Anda ingin hidup dengan dikelilingi racun yang terkandung dalam cat kimia yang berbahaya? Tentu tidak kan? Cepat ambil telphone Anda dan hubungi Bio Industries via ke no 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433 untuk pemesanan dan info lebih lanjut cat water based. Atau Anda dapat mengunjungi langsung kantor Bio Industries di Jl. Nitikan No.9, Yogyakarta. Ulasan penggunaan cat aman adalah sebagian langkah Anda untuk tidak mencemari lingkungan. Gunakan cat pagar bambu yang tidak beracun demi lingkungan dan orang-orang sekitar. Mari Bergerak Bersama Untuk Mencintai Lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X