Rahasia Mendapatkan Finishing Rata dan Halus

Rahasia Mendapatkan Finishing Rata dan Halus

Anda mendapatkan brush mark pada pekerjaan cat karena beberapa alasan. Cat lateks mengering cukup cepat, dan jika Anda menyikatnya (sebagai lawan penyemprotan), brush mark mungkin akan muncul sebelum cat memiliki waktu untuk mengering dengan sempurna.

Anda dapat memperpanjang waktu pengeringan dengan menggunakan conditioner cat yang disebut Floetrol. Jangan menambahkannya langsung ke ember galon Anda. Gunakan ember terpisah untuk mencampur sedikit cat dan Floetrol.

Sebelum Anda mulai melakukan pengecatan yang halus dan juga rata maka Anda harus mendapatkan finishing yang halus. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan hasil finsihing yang bergaris atau memiliki warna dalam satu furnitur. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

Baca Juga : tips mudah membuat cat rumah bergaris

  • Sangat penting untuk mendapatkan garis cut-in yang bersih (garis yang memisahkan warna satu dengan warna yang lainnya dalam satu permukaan) sedang mendempul. Anda memiliki dua pilihan untuk membuat garis lurus: tangan atau selotip yang stabil.
  • Banyak orang yang menggunakan selotip untuk membuat garis cut-in. Satu-satunya bahaya adalah bahwa cat kadang-kadang akan meresap di bawah selotip dan merusak garis. Jika ini terjadi, Anda bisa menggunakan kuas dengan ukiran kecil seperti kuas untuk melukis (satu dengan sekitar tiga bulu di dalamnya) dan menyentuh garis.
  • Rahasia Mendapatkan Finishing Rata dan Halus
    Aplikasi cat putih menggunakan kuas di atas kayu.

    Baca Juga : contoh motif cat bergaris

    Jika Anda akan menggunakan selotip, gunakan selotip biru khusus selebar beberapa inci. Harga selotip ini memang lebih mahal tetapi akan lebih mudah lepas dengan sedikit kemungkinan cat yang akan menempel di bawahnya. Anda juga dapat mengangkatnya dan mengatur ulang dan masih akan menempel. Pastikan bahwa tepi terdepan dari selotip itu lurus sempurna tanpa gelombang atau gelembung dan Anda menggunakan satu panjang terus menerus. Jika Anda berhenti di tengah furnitur dan harus menambahkan selotip lagi, Anda akan melihat perbedaan. Ini akan terbukti jika warnanya kontras.

  • Setelah kuas siap Anda dapat mulai melukis mulai dari bagian pinggir. Gunakan kuas berbulu sintetis berkualitas untuk lateks dan mulai di sudut dengan campuran lateks atau Floetrol yang tumpang tindih dengan selotip. Tarik selotip setelah cat memiliki waktu untuk menguat tetapi sebelum benar-benar mengeras. Dua jam umumnya merupakan waktu tunggu yang baik.
  • Dengan sikat miring, ambil sekitar 2 inci cat di atasnya, tepuk sisi-sisinya di bagian dalam ember yang dipotong dan dengan lembut gores cat yang berlebih pada bibir ember. Ambil kuas dan dorong di sudut dan terus tarik di tepi furniture.
  • Perhatikan bulu-bulu di tepi luar karena ini membentuk garis. Anda mungkin harus memutar pergelangan tangan Anda sedikit untuk memandu sikat di sepanjang sudut. Saat Anda mendekati ujung sudut, putar kuas, tempelkan di sudut, dan cat ke arah lain sampai cat tumpang tindih. Warnai batas sudut terlebih dahulu lalu isi bidang.

Jika Anda akan melanjutkan kegiatan mengecat keesokan harinya, pastikan Anda membersihkan kuas secara menyeluruh atau beberapa bulu akan mengeras dan itu akan menjadi benda tajam sehingga tidak dapat digunakan kembali.

Anda juga bisa menyimpan kuas ke dalam kantung khusus dan memasukkannya ke dalam freezer agar kering. Namun jika tempat penyimpanan Anda tidak lembab maka Anda cukup mengumpulkan kuas-kuas yang sudah bersih.

Langkah-Langkah Aplikasi Halus

Mengecat kayu untuk mendapatkan hasil yang halus bukanlah rahasia khusus para profesional di bidang kayu. Hanya saja mereka menggunakan sebagian besar waktu untuk berlatih terus menerus agar mendapatkan hasil finishing terbaik sebelum menerapkannya pada media yang asli.

Semua permukaan kayu yang telah dibentuk menjadi furnitur membutuhkan hasil finishing yang rapi dan halus agar memiliki tampilan yang benar-benar baik. Ikuti tips ini dan Anda bisa mendapatkan hasil yang indah.

  1. Persiapkan Kayu

Amplas kayu ke seluruh permukaan dengan kertas amplas 120 grit dan tidak ada yang lebih halus. Ini akan memberikan hasil yang baik untuk dipegang dan membuat dasar yang tepat untuk memulai. Pekerjaan cat yang bagus adalah persiapan sebelum Anda  mengaplikasikan  kuas cat.

  1. Berikan primer coat

Rahasia Mendapatkan Finishing Rata dan Halus
Top table halus dan juga bersih dengan pernis.

Tanpa dasar yang mulus, Anda tidak bisa mendapatkan hasil akhir yang mulus. Gunakan selalu produk cat primer berbasis air pada kayu dan lemari sehingga Anda akan mendpatakan permukaan yang benar-benar halus sebelum memulai pengecatan atau finishing sendiri.

Gunakan kertas 220 grit atau spons pengamplasan halus untuk mengampelas semuanya setelah primer sudah cukup kering sehingga menghasilkan debu saat diampelas. Jika itu merusak kertas, maka terlalu awal untuk amplas. Pastikan untuk membuang semua debu yang tersisa saat Anda selesai.

Jika Anda akan mengaplikasikan cat warna natural satu lapisan yang tidak boleh dilupakan adalah sanding sealer. Seperti primer coat, sanding sealer adalah salah satu cat yang sangat penting sebagai lapisan dasar apabila Anda ingin mendapatkan warna natural.

  1. Beli Cat yang Tepat

Jangan berhemat pada cat. Ternyata benar bahwa semakin banyak Anda membayar untuk cat, semakin baik itu. Dan untuk menyelesaikan pekerjaan seperti yang diicarakan, jangan membeli cat murah. Untuk kayu dan lemari, pertimbangkan cat enamel yang mengering lebih keras daripada cat biasa. Cat berbasis minyak bersama dengan pilihan berbasis air keduanya memiliki tempatnya di sini, tergantung pada kenyamanan Anda.

Untuk cat berbasis air yang sangat direkomendasikan adalagh Bioduco sedangkan untuk warna natural Anda bisa menggunakan produk BioColours.

  1. Memilih Jenis Cat Anda

Menuangkan cat pertama dari kaleng biasanya bersih dan bersih dari kotoran, tetapi setiap tuangkan setelah itu memiliki kesempatan yang baik dari gumpalan tersebar di seluruh. Anda mungkin tidak akan melihat mereka sampai mereka berada di permukaan Anda yang indah, pada saat itu, sudah terlambat. Toko cat memiliki banyak stok yang murah dalam stok untuk alasan yang bagus. Jangan menipu diri sendiri bahwa langkah ini tidak berlaku untuk Anda.

  1. Jangan terlalu terburu-buru mengamplas

Pakailah cat biarkan cat benar-benar mengering dengan sewajarnya dan menjadi lebih baik. Jangan kembali dan kerjakan pengecatan tanpa henti. Semakin cepat Anda bisa mendapatkan permukaan tertutup, semakin banyak waktu cat untuk mengering dan Anda akan memiliki banyak waktu untuk proses selanjutnya.

Jangan terburu-buru untuk mengamplas pada permukaan kayu yang belum kering. Jika tidak Anda hanya akan merusak lapisan coating pertama dan Anda harus mengulanginya lagi dari awal.

Cobalah salah satu dari hal ini dan Anda akan melihat hasil yang lebih baik. Coba dua dan Anda akan kagum. Kerjakan semuanya dan Anda akan memiliki cat halus yang halus seperti sutra. Ingat bahwa beberapa di antaranya adalah teknik yang membutuhkan sedikit latihan agar menjadi tepat, jadi jangan bingung jika hanya butuh sedikit waktu untuk menjadi sempurna. Bahkan profesional tidak sempurna setiap saat. Namun dalam mengecat, seperti dalam hal lainnya, latihan menjadi sempurna. Jangan lewatkan kesempatan untuk melatih diri Anda apabila Anda mengalami kegagalan di kemudian hari dalam mengecat. Karena masih banyak hal lain yang bisa dilapisi cat dengan lebih sempurna.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X