Politur yang Bagus untuk Keindahan Rumah Joglo yang Menawan

Gunakan politur yang bagus untuk mempercatik rumah joglo kita. Keindahan yang lebih alami dan toksiksitas yang rendah harus kita usahakan dengan memilih politur yang baik.

Politur yang Bagus untuk Keindahan Rumah Joglo yang Menawan
Politur yang Bagus untuk Keindahan Rumah Joglo yang Menawan

Trend desain dan tipe rumah senantiasa berkembang tanpa batas yang kaku. Seringkali jenis rumah yang dianggap rumah masa lalu pun terangkat kembali dan menjadi trend baru yang diidolakan publik. Salah satunya adalah tipe rumah joglo.

Tipe rumah joglo memiliki keunggulan pada kecantikannya yang sangat etnik. Tipe rumah seperti ini akan memberikan kesan kental pada budaya jawa masa lalu. Karenanya, membangun rumah joglo bukan sekedar masalah gaya hidup saja. Kita bisa ikut andil dalam pelestarian budaya jawa kala memanfaatkan tipe rumah seperti ini.

Untuk membangun rumah joglo ada beberapa pakem yang harus diikuti. Selain struktur dan bentuk bangunan, kita juga perlu mempertahankan kesan natural pada tipe rumah seperti ini. Kesan natural tersebut bisa kita tampilkan pada berbagai elemen rumah, terutama kayunya. Jenis rumah seperti ini akan terlihat pas dengan komponen kayu yang tampak natural dengan keindahan warna dan serat alaminya.

Oleh karenanya, hindari penggunaan kayu-kayu yang tercat dengan warna solid atau yang kehilangan tampilan serat alaminya. Daripada menggunakan cat biasa, kita bisa menggunakan plitur kayu yang bagus untuk mempercantik rumah joglo. Mintalah pada tukang bangunan untuk memplitur kayu yang akan digunakan untuk membangun rumah joglo. Pilih politur yang memang berkualitas dengan kriteria bisa memperindah tampilan rumah, awet, dan aman digunakan.

Dari segi tampilan dan keawetan, pilihlah politur yang menggunakan pewarna pigmen, apalagi untuk keperluan outdoor. Penggunaan pigmen akan membuat keindahan tampilan rumah lebih awet karena pigmen relatif lebih tahan terhadap paparan outdoor. Sedangkan untuk lingkungan dalam rumah, kita bisa menggunakan varnish atau tetap menggunakan politur. Varnis sendiri adalah bahan finishing kayu serupa politur namun dikhususkan untuk keperluan indoor.

Baca Juga:  Jual Dempul Kayu Berkualitas di Yogyakarta

Dari segi keamanan produk, pilihlah jenis politur yang bagus dengan syarat tidak menggunakan pelarut-pelarut toksik seperti spiritus. Contohnya adalah politur berbahan shellac atau getah kayu dari India. Spiritus memiliki efek yang buruk bagi kesehatan ketika diminum atau dihirup. Pelarut ini mengandung banyak VOC atau senyawa organik mudah menguap. Bahkan ketika kayu telah selesai dipelitur, senyawa VOC yang tertinggal masih akan terus menguap dari kayu sehingga menyebabkan udara ruangan menjadi toksik. U.S National Library of Medicine menyebutkan bahwa paparan spiritus bisa menyebabkan berbagai gangguan seperti etak jantung yang meningkat hingga kesulitan bernafas.

Dengan maraknya produk politur berpelarut spiritus di pasaran, Anda harus benar-benar waspada dalam memilih politur yang bagus. Manfaatkan politur water based atau politur yang hanya menggunakan pelarut air seperti Biopolyture. Selain aman, Biopolyture juga akan membuat kayu kita terlihat indah alami dalam rentang waktu yang lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X