Perbaikan Cacat Furniture dengan Dempul Kayu Biovarnish

Perbaikan Cacat Furniture dengan Dempul Kayu Biovarnish

Salah satu produk yang sangat kuat untuk digunakan pada perbaikan cacat furniture yang mudah adalah wood filler atau dempul kayu. Saat dempul mengering akan mudah untuk di amplas dan juga dilapisi oleh cat seperti wood stain.

Hasil furniture yang terbaik dalam perbaikan cacat adalah menggunakan wood filler water based. Dempul dan wood filler berbahan dasar air dapat digunakan pada berbagai macam jenis kayu dan dapat dilapisi cat untuk menghasilkan warna yang menyerupai kayu asli.

Jika Anda ingin melapisinya dengan wood stain maka selalu pilih wood filler yang dapat dilapisi dengan stain. Beberapa jenis wood filler ada yang tidak dapat dilapisi dengan wood stain dan mereka telah dicampur dengan bahan pewarna khusus dari pabrik.

Apabila memilih wood filler yang dapat dilapisi dengan wood stain maka pilihlah produk dengan warna yang mendekati warna kayu. Biasanya wood stain tersebut memiliki warna yang terbatas, warna yang sering muncul adalah warna jati, mahoni, ramin dan sungkai.

Ada banyak jenis wood filler yang bisa dipilih, namun wood filler water based adalah yang terbaik untuk dipilih. Mengapa? Lalu bagaimana cara penggunaannya? Semua akan dibahas lebih jauh dalam artikel ini.

Mengapa Harus Menggunakan Dempul Kayu Biovarnish?

Seperti yang telah dijelaskan dempul kayu digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada kayu karena konturnya yang mudah dilapisi cat dan di amplas. Secara umum dempul sendiri dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan berbagai macam jenis material selain kayu juga.

Beda material maka membutuhkan jenis material yang berbeda, jadi untuk perbaikan permukaan kayu sebaiknya gunakan wood filler. Jika dibagi wood filler terbuat dari berbagai macam bahan sesuai dengan perkembangannya.

Wood filler yang terbuat dari bahan shellac biasanya berbentuk stik seperti lilin. Cara menggunakannya untuk mengisi lubang adalah dengan dipanaskan hingga meleleh. Banyak warna coklat yang tersedia mengikuti warna jenis-jenis kayu. Setelah mengisi lubang dengan stik shellac ini maka Anda bisa menggunakan pisau scrape untuk menghaluskan permukaannya.

Setelah lubang terisi dan cairan yang mengisi mengeras, Anda bisa mengamplasnya. Sangat sulit menggunakan wood filler yang digunakan sejak zaman dahulu ini karena warnanya terbatas dan sulit untuk dilapisi dengan wood stain.

Stik shellac cenderung mengandung minyak sehingga cat tidak akan meresap ke dalamnya. Para pengrajin lebih membutuhkan wood filler yang mudah digunakan, mampu mengisi dan memperbaiki cacat kayu sehingga bertahan lama, dan tentu saja dapat diberikan warna sesuai kebutuhan.

Dalam memenuhi kebutuhan para pengrajin inilah dempul kayu Biovarnish diciptakan. Perbedaannya sangat terlihat memulai dari cara aplikasi hingga hasil yang diberikan. Produk Biovarnish wood filler bisa diaplikasikan tanpa dipanaskan dan akan menimbulkan ikatan pada pori kayu.

Ikatan yang terbentuk membuat wood filler dapat bertahan lebih lama. Produk ini terdiri dari empat macam warna yaitu warna jati, mahoni, sungkai dan ramin. Keempat warna ini sudah mewakili berbagai macam warna dari jenis-jenis kayu yang ada di Indonesia.

Dempul kayu Biovarnish dapat dilapisi dengan wood stain water based untuk diberikan warna selanjutnya. Berbagai macam perbaikan dapat dilakukan sesuai dengan kerusakan kayu memulai dari lubang besar hingga lubang kecil.

Produk Biovarnish yang akan Anda gunakan akan membawa banyak keuntungan sebagai berikut ini:

  • Tidak peeling

Kelemahan terbesar dari dempul adalah peeling. Ketika di amplas dempul ikut terlepas dari permukaan kayu dan menimbulkan peeling. Anda tidak akan menemukannya pada aplikasi Biovarnish wood filler karena tingkat adhesi yang kuat membuat dempul tidak akan terkelupas setelah kering.

  • Ringan di amplas
Perbaikan Cacat Furniture dengan Dempul Kayu Biovarnish
Penggunaan dempul pada gitar mudah diamplas

Selain tidak peeling, wood filler juga sangat mudah di amplas. Anda tidak perlu berat mengamplas dan membutuhkan waktu yang mengamplas karena lapisan terlalu keras. Keringanan pengamplasan ini dikarenakan formula yang dibuat memudahkan siapa saja untuk bisa mengamplas dengan manual.

  • Cepat kering

Dempul yang tidak kunjung kering artinya formula yang diciptakan oleh pabrik tidak sempurna. Biovarnish wood filler telah diciptakan dengan formula sempurna sehingga kecepatan keringnya melebihi cat water based lainnya.

  • Tahan lama

Ketahanan tidak hanya diciptakan karena adhesi yang kuat terhadap pori kayu. Namun kekuatan terhadap kelembaban, panas dan juga air membuat Biovarnish wood filler banyak disukai. Anda bisa menggunakannya untuk perbaikan cacat furniture outdoor.

Cara Memperbaiki Cacat Kayu dengan Biovarnish

Demi mendapatkan hasil yang terbaik dan mendapatkan perbaikan yang merata, Anda bisa melakukan percobaan pada berbagai macam kerusakan kayu. Lakukan untuk memperlancar bagaimana Anda bisa mengaplikasikan pada furniture yang sesungguhnya.

Dilakukan banyak percobaan menggunakan Bovarnish wood filler sesuai dengan bentuk kerusakan kayu, apakah lubang yang diciptakan dalam atau kayu muncul bentuk retakan yang panjang. Anda bisa memperbaikinya dengan mudah menggunakan Bioarnish.

Beda kerusakan maka berbeda pula cara menanganinya. Berikut ini cara menggunakan Biovarnish wood filler sesuai dengan bentuk kerusakan pada kayu.

  • Retakan atau lubang berukuran besar

Jika kerusakan sudah parah karena rayap dan kayu yang terlalu kering maka retakan atau lubang berukuran besar bisa saja muncul. Lubang yang termasuk besar biasanya berukuran lebih dari 5 cm. Maka ada cara memperbaiki kerusakan ini.

Anda perlu menyiapkan serbuk kayu yang kasar sesuai dengan warna kayu. Pilih serbuk kayu yang kasar dan dapat digunakan untuk mengisi kerusakan. Pilih Biovarnish wood filler yang memiliki warna menyerupai kayu kemudian campurkan dengan serbuk kayu.

Campur merata kemudian isi kerusakan cacat kayu dengan campuran wood filler dan serbuk kayu. Isilah hingga penuh kemudian tunggu kering. Lanjutkan dengan pengamplasan, gunakan amplas 240 grit untuk menghaluskan.

  • Retakan dan lubang berukuran sedang

Kayu yang memiliki kerusakan lubang sedang memiliki ukuran di bawah 5 cm hingga 3 cm. Kerusakan ini bisa disebabkan karena lubang paku atau kerusakan goresan yang lainnya. Anda bisa memperbaikinya dengan mudah.

Perbaikan Cacat Furniture dengan Dempul Kayu Biovarnish
Pencampuran dempul dengan serbuk kayu

Siapkan serbuk kayu halus dengan warna yang sama. Saring serbuk kayu hingga benar-benar menjadi halus. Campurkan serbuk kayu halus dengan wood filler kemudian isikan ada permukaan kayu yang rusak.

Tunggu lapisan menjadi kering dan amplas dengan amplas 240 grit. Dilakukan hingga cacat atau lubang menjadi merata tidak terlihat.

  • Cacat goresan pada kayu

Penggunaan kayu yang berlebihan menghasilkan banyak cacat dimana-mana, Goresan isa dalam atau tidak tergantung pemakaian.Jika Anda ingin mendapatkan permukaan halus kembali maka gunakanlah Biovarnish wood filler.

Tanpa campuran apapun Anda hanya perlu menyiapkan pisau scrape untuk proses aplikasi. Oleskan seluruh wood filler pada permukaan menggunakan pisau scrape khususnya pada bagian permukaan yang tergores dalam.

Biarkan wood filler mengering dan lanjutkan pengamplasan dengan amplas alumunium oxide nomor 240.

  • Mengisi pori kayu

Bagi Anda yang tidak menemukan cacat pada furniture, maka pori kayu tetap dapat diisi dengan wood filler. Gunakan wood filler Biovarnish dengan warna yang sama dengan kayu.

Campurkan wood filler dengan  sedikit air, usapkan menggunakan kain katun kering merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering dan lanjutkan dengan pengamplasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X