Mempelajari Cara Membuat Meja Belajar dari Triplek

Mempelajari Cara Membuat Meja Belajar dari Triplek

Menciptakan meja belajar untuk anak sendiri adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Bagi Anda para DIY maka membuat meja belajar anak bahkan meja untuk diri sendiri adalah kegiatan hiburan yang bisa dilakukan di akhir pekan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak atau meluangkan waktu untuk memilih meja di toko furnitur.

Dengan selembar triplek berukuran tertentu dan ketebalan yang tepat Anda bisa menciptakan furnitur yang sesuai kebutuhan. Hanya membutuhkan waktu, alat dan juga effort dalam membuatnya. Kepuasan mendapatkan hasil maksimal bisa Anda lihat dan rasakan.

Triplek telah digunakan untuk membangun furnitur selama beberapa dekade. Banyak para DIY berfikir bahwa proyek ini tepat untuk Anda yang memiliki waktu luang di akhir pekan. Dengan memanfaatkan teknologi digital Anda akan lebih mudah membuat desain. Pembuatan desain melalui komputer dan software tertentu akan lebih mempercepat prosesnya.

Jika zaman dahulu pembuatan meja belajar masih menggunakan gambar kini Anda bisa memanfaatkannya dengan komputer. Mulai dari ukuran yang presisi dan segala desain yang diinginkan bisa dibuat dengan sangat mudah. Pembuatan desain adalah hal mendasar sebelum Anda memotong triplek menjadi beberapa bagian dan merakit kemudian mengecatnya.

Kini pekerjaan yang hanya dilakukan oleh tukang kayu bisa Anda kerjakan sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkah cara membuat meja belajar dari triplek.

  1. Buat Setiap Bagian

Pindahkan meja ke dimensi. Pertama, bungkus selotip selotip e di sekeliling panel dan letakkan sisi baik tabletop di atas permukaan kerja. Tandai garis pemotongan 72 inci pada pita, jepit sejajar di panel, dan potong menggunakan gergaji melingkar dengan pisau 140 gigi. Gunakan prosedur yang sama untuk merobek panel hingga selebar 36 inci, atau gunakan gergaji meja.

Baca Juga:  Penggunaan Wood Stain Dalam Pekerjaan Finishing

SMempelajari Cara Membuat Meja Belajar dari Triplekelanjutnya, ambil jalan pintas yang panjang, letakkan di sisi yang baik, dan buat tiga potong di meja gergaji untuk menghasilkan stok apron. Untuk mencegah chipping veneer, gunakan pisau 80-gigi khusus; giginya memiliki profil ATB (alternate top bevel) yang membuat potongan halus.

Tumpuk dua potong triplek dan potong di atas gergaji. Ini menciptakan dua buah triplek panjang. Buatlah dua potongan yang lebih pendek dengan mengambil potongan ketiga triplek dan potong dua kali pada gergaji. Menggunakan stopblock yang dijepit ke meja siri-melihat memastikan panjang yang konsisten.

Ambil potongan potongan 24-inci-lebar dan memotongnya menjadi empat potongan lebar 5 inci di atas meja. Setiap bagian (atau kosong) akan dipotong menjadi kaki. Tumpuk empat titik kosong pada gergaji dan potong dengan panjang.

Tandai garis potongan di bagian belakang kaki. Untuk masing-masing triplek, gerakkan dua sekrup untuk menahannya ke permukaan, seperti potongan kayu lapis, dan jepit sejajar sejajar dengan garis potong. Sekarang jalankan gergaji di sepanjang garis lurus. Amplas ujung potongan kaki dengan blok pengamplasan dan amplas kertas grit 120. Menggunakan sander orbital, dengan hati-hati amplas kedua permukaan masing-masing bagian dengan kertas 120 dan 220 grit.

  1. Perakitan

Mempelajari Cara Membuat Meja Belajar dari TriplekDalam hampir semua kasus, furnitur dibangun secara bertahap di mana sub rakitan dibuat, disesuaikan, dan dipasang bersama. Anda hampir tidak pernah memotong bagian dan kemudian memasangnya pada saat yang bersamaan. Meja belajar ini sangat sederhana, perakitan dimulai dengan mengebor setiap bagian siku untuk memasang skrup dan top table yang akan dipasangi dengan kaki meja.

Lakukan hal ini pada titik kaki yang sudah ditandai, lalu pasang semua kaki menggunakan sekrup panjang. Meja belajar baru Anda sudah siap digunakan dan tinggal dilakukan finishing akhir.

Baca Juga:  Cara Mengecat Pintu Kayu Lama dengan Politur

Perlakukan Finishing Meja Belajar Buatan Sendiri

Kini Anda akan melakukan finishing maka pemilihan bahan finishing yang aman akan menjadi prioritas. Mengapa? Bahan cat yang aman dan tidak menimbulkan aroma menyengat akan menjaga kesehatan Anda pada saat aplikasi cat sekaligus ketika menggunakan meja.

Tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan cat BioColours warna solid yang akan memberikan warna kayu lebih baik. Ada 24 warna solid yang bisa Anda pilih dan gunakan. Warna ini akan menutup warna triplek menjadi lebih baik. Hasil akhir tampilan bisa Anda pilih menggunakan gloss atau matte, jika ingin lebih tahan terhadap goresan maka Anda bisa memilih gloss.

Pilih warna terlebih dahulu kemudian Anda bisa mengikuti langkah-langkah aplikasi cat pada meja belajar buatan Anda sendiri berikut ini.

  1. Amplas seluruh bagian meja belajar, amplas menggunakan amplas 220. Pastikan seluruh permukaan menjadi lebih halus. Kemudian bersihkan debu amplas dengan lap yang lembab atau sudah dibasahi dengan air dan diperas.
  2. Aplikasikan BioColours wood putty terlebih dahulu, Anda akan menutup semua cacat pada permukaan triplek dan menutupnya hingga menjadi permukaan yang lebih halus. Apliaksikan mengguankan pisau pallet secara merata. Jika Anda kesulitan karena wood putty yang terlalu keras Anda bisa melarutkannya dengan sedikit air kemudian aduk hingga rata. Lapisan yang sudah merata tinggal ditunggu kering tanpa penjemuran selama kurang lebih 20 menit.Selanjutnya amplas seluruh bagian hingga lebih halus dan wood puty menjadi lebih keras. Bersihkan debu amplas.
  3. Saatnya pengaplikasikan BioColours primer coat. Sebagai cat dasar dan cat intermediate primer coat akan menutup warna triplek dan memberikan warna dasar agar lapisan cat di atasnya memiliki warna yang lebih rata dan halus. Campurkan primer coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu lapisan mengering selama 60 menit tanpa dijemur dan amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas untuk proses selanjutnya.
  4. Pengaplikasian car warna kayu bisa menggunakan BioColours Bioduco sesuai warna yang Anda inginkan. Jika ingin terlihat elegan Anda bisa memilih cat warna gelap. Campurkan terlebih dahulu cat Bioduco dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan semprotkan secara merata ke seluruh bagian. Tunggu lapisan mengering selama 60 menit kemudian amplas ambang kembali dengan amplas 400. Apabila warna dari meja belum sesuai Anda bisa mengaplikasikan Bioduco kembali dengan langkah yang sama.
  5. Aplikasi terakhir adalah BioColours Top Coat, pilih tampilan top coat sesuai kebutuhan Anda. Campurkan terlebih dahulu dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Gunakan alat semprot untuk proses aplikasi hingga merata. Tunggu lapisan akhir ini mengering selama 24 jam.
Baca Juga:  Tips Aplikasi Cat Kayu Transparan Open Pore

Meja belajar akan mengering keesokan harinya tanpa ada aroma menyengat yang keluar pada saat proses pengeringan ini. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kandungan solvent pada cat, secara semua bahan menggunakan bahan dasar yang tidak berbau dan membahayakan kesehatan Anda dan lingkungan.

Kini meja belajar dari triplek buatan Anda telah selesai, Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X