cat-kayu-BioVarnish

Memilih Cat Kayu Yang Tepat Untuk Segala Furniture

Penggunaan furniture pada setiap hunian merupakan hal yang wajib. Tampilan dan ketahanan sebuah furntiure ditentukan oleh penggunaan cat kayu. Sebelum membeli cat sebaiknya Anda memperhatikan beberapa cara berikut ini yang akan membantu Anda memilih cat mana yang akan Anda beli.

cat-kayu

  1. Tentukan jenis perabotan yang akan difinishing. Jika Anda akan finishing furniture outdoor maka pilihlah cat yang tahan terhadap perubahan cuaca. Begitu juga dengan furniture heavy duty seperti kursi maupun lantai kayu. Maka cat yang dipilih harus memiliki solid content tinggi.
  2. Pilih tingkat transparansi sesuai kebutuhan. Jika Anda menginginkan tampilan furniture dengan warna asli kayu pilih cat yang memiliki transparansi tinggi. Maka furniture akan terlihat serat kayu yang indah.
  3. Pilih warna sesuai furniture. Terdapat dua jenis warna kayu yaitu warna solid dan warna transparan. Jika warna solid akan menutup warna kayu seutuhnya seperti putih, merah, biru, dll, maka warna taransparan adalah warna asli kayu yaitu coklat. Untuk kayu jati biasanya menggunakan warna walnut brown.
  4. Pilih cara aplikasi yang mudah. Ada dua jenis cara aplikasi cat pada furnitire yaitu spray (semprot) dan dioles dengan kuas. Jika Anda membutuhkan cara mudah pilih cara oles dengan kuas karena tidak memerlukan alat bantu seperti kompresor.
  5. Pilih cat water based. Mengapa cat water based? Karena cat ini hanya menggunakan campuran air saja dan tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti merkuri, timbal atau

Pemilihan cat tersebut harus sangat diperhatikan terlebih lagi penggunaan cat yang aman. Jika akan digunakan pada furniture di dalam ruangan harus aman agar kita tidak terjangkit berbagai jenis penyakit.

Memilih Cat Kayu Yang Aman Untuk Diaplikasikan Pada Furniture

 

Baca Juga:  Cat Kayu Warna Gloss Mempercantik Aquarium

Salah satu syarat pemilihan cat adalah tingkat keamanannya. Cat kayu yang aman tentu tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Misalnya jika mengandung banyak formalin maka Anda akan rentan terhadap penyakit seperti kanker. Perhatikan lemari yang baru Anda beli, jika memiliki bau menyengat kemudian Anda atau keluarga Anda terjangkit iritasi mata maka cat pada lemari tersebut mengandung formalin. Lama kelamaan Anda akan mulai merasa sesak napas kemudian tanpa disadari memupuk penyakit kanker. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda maupun anggota keluarga.

Maka berhati-hatilah terhadap cat yang mengandung zat formalin. Cat kayu water based merupakan pilihan yang baik terlebih yang telah memenuhi regulasi luar negeri seperti ECHA dan US EPA. Selain zat beracun, cat juga rendah VOC (Volatile Organic Compound) yang akan mengakibatkan polusi udara di dalam ruangan.

Fungsi Cat Kayu Pada Furniture

cat-kayu-BioVarnishJangan meremehkan fungsi cat pada furniture. Jika Anda masih berpikiran bahwa cat hanya untuk memberi warna furniture, maka Anda harus tahu fungsi yang lain. Selain berfungsi untuk memberi warna juga berfungsi untuk melindungi furniture dari serangan hama dan cuaca. Hama mampu merusak tekstur kayu dan membuat kayu cepat keropos misalnya saja rayap. Perubahan cuaca yang ekstrim atau cuaca lembab pada negara tropis seperti Indonesia membuat kayu cepat lapuk karena pori pada kayu akan menyerap kelembapan udara.

Oleh karena itu fungsi cat sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh. Sebelum furniture di rumah Anda rusak segera gunakan cat kayu seri BioVarnish yang memenuhi standar pemilihan cat di atas dan mampu melindungi furniture dengan baik. Segera hubungi costumer service via telp, WhatsApp (WA) dan sms ke no. 0878-3934-6433 atau 0822-2026-5056 untuk pemesanan.

Baca Juga:  Hasil Cat Duco Kayu Tahan Air Untuk Kitchen Set

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X