Harga Cat Solvent Based vs Water Based

Harga cat solvent based vs water based memang terpaut agak jauh. Hal ini terkait dengan perbedaan karakteristik kedua jenis cat tersebut.

harga cat solvent based vs water based

Cat water based menggunakan air sebagai pelarutnya. Cat ini menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Kandungan VOC dalam cat water based sangat sedikit. Hal ini berbeda dengan cat solvent based yang menggunakan pelarut organik dengan kandungan VOC cukup tinggi. Kedua jenis cat ini memiliki keunggulan masing-masing. Selain itu, cat water based belum sepopuler cat solvent based. Ini menjadi salah satu pemicu lebih mahalnya cat water based.

Cat Solvent Based

advantage oil basedMerupakan jenis cat yang umum dipakai oleh masyarakat di Indonesia. Cat berpelarut organik ini seringkali menggunakan thinner, spiritus, methanol, ataupun minyak sebagai pelarutnya. Kelebihan dari cat jenis ini adalah daya tahannya yang sedikit lebih lama dibanding cat water based.

Kelemahannya adalah penggunaan pelarut organik terbukti berbahaya bagi kesehatan, karena pelarut organik mengandung VOC, yaitu sekelompok senyawa yang sangat mudah untuk menguap meskipun di suhu ruang.

Cat Water Based

advantage water basedMerupakan jenis cat yang dianggap ramah lingkungan, karena tidak menggunakan pelarut organik dan hanya menggunakan pelarut air. Jenis cat ini sebenarnya sudah sangat populer di AS dan Uni Eropa karena dianggap lebih aman.

Cat water based mulai marak di pasar Indonesia, terkait dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk yang aman dan ramah lingkungan. Keunggulan dari cat water based adalah kandungan VOC-nya rendah.

Keunggulan cat water based lainnya, yaitu tidak berbau. Ini berbeda dengan cat solvent based yang baunya sangat menyengat. Selain itu, cat water based juga tidak mengandung racun sehingga aman bagi aplikatornya dan anggota keluarga yang berada di lingkungan di mana cat tersebut diaplikasikan. Cat ini juga ramah lingkungan sehingga bisa mengurangi pencemaran terhadap lingkungan.

Baca Juga:  Distributor Cat Dasar Kayu Aman BioColours Termurah

Dengan berbagai keunggulan dari cat water based, maka sangat wajar jika harga cat water based lebih mahal dibanding harga cat solvent based. Namun, bila dibandingkan dengan hasilnya, maka harganya menjadi lebih murah. Karena cat water based memberikan hasil yang lebih baik dibanding cat solvent based. Selain itu, cat water based juga aman, sehingga risiko terganggunya kesehatan seperti saat menggunakan cat solvent based bisa ditekan.

Itulah beberapa poin mengenai harga cat solvent based vs water based yang perlu diperhatikan sebelum memilih mana yang akan digunakan. Perbedaan harga antara cat solvet based dan water based dipengaruhi oleh banyak faktor. Harga yang ditetapkan telah disesuaikan dengan keunggulan masing-masing.

Cat Water Based Bioindustries

Salah satu perusahaan yang concern terhadap produk cat ramah lingkungan adalah Bioindustries. Bioindustries mengeluarkan beragam produk cat water based yang terbukti aman, dibuktikan dengan terpenuhinya standar dari US-EPA VOC regulation compliance, EU-ECHA Reach regulation compliance dan US-FDA.

Beberapa contoh produknya, adalah Biocolours Wood Coating, yang terdiri dari produk untuk topcoat, main coat, base coat, wood stain, wood varnish dan natural wood polish. Selain itu juga ada produk Orchid untuk enamel paint, wall paint, stone coating dan juga produk adhesive. Jika Anda ingin mencoba menggunakan produk-produk dari Bioindustries, silahkan menghubungi Customer Service Bioindustries via email [email protected]@gmail.com dan telp +62.274.388.301. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X