Jenis Cat Kayu Terbaik Yang Di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Modern ini Anda dituntut untuk mendapatkan produk cat kayu terbaik demi hasil yang memuaskan dari segi aplikasi dan juga hasil.

Negara pengekspor mebel terbesar di dunia salah satunya adalah Indonesia. Dimana ekspor mebel menjadi salah satu sumber devisa negara. Bagi Anda yang tertarik bekerja atau mungkin membuka lapangan usaha dibidang furniture kesempatan masih terbuka lebar karena pasar ekspor ini akan selalu berkembang. Dalam menentukan produk mebel untuk pasar ekspor ini banyak hal yang harus diperhatikan seperti material kayu, cara pembuatan, cara aplikasi finishing hingga produk finishng yang akan digunakan. Dari segi material kayu, Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki sumber daya alam besar seperti kayu. Ada berbagai macam kayu yang bisa dimanfaatkan.

furniture kayu jati dengan cat kayu Biovarnish gloss

Dari segi finishing atau penciptaan tampilan Anda harus bisa memilih jenis cat kayu terbaik baik dari segi hasil, segi aplikasi dan juga dari segi harga. Terlebih dari segi keamanan, kualitas mebel ekspor yang diutamakan adalah tingkat kemanan bahan kimia yang digunakan. Salah satu ciri cat kayu yang aman dan biasa digunakan untuk ekspor adalah cat kayu water based karena baik formula dan bahan pencampurnya adalah air yang notabene tidak memiliki kandungan kimia berbahaya.

Macam-macam Cat Kayu Terbaik Sesuai Hasilnya

Terdapat dua jenis cat kayu menurut bahan pencampurnya yang berkembang di seluruh dunia yaitu cat solvent dan cat water based. Dari segi harga cat kayu water based memiliki total harga lebih mudah dibandingkan dengan cat solvent. Bahkan dari segi keamanan cat water based lebih unggul. Tetapi yang pembedaan jenis yang akan dijabarkan adalah menurut hasilnya. Berikut ini pembagian jenis cat kayu terbaik sesuai dengan hasil yang diharapkan:

  1. Cat kayu solid, jenis cat kayu solid ini dapat digunakan untuk berbagai macam jenis kayu. Untuk hasilnya adalah menutup warna kayu asli. Banyak faktor cat kayu ini diaplikasikan pertama adalah untuk menutup warna kayu karena serat kayu yang kurang menarik. Kedua adalah menginginkan hasil warna yang harmoni bahkan kontras pada sebuah ruangan. Cat warna solid sangat memiliki pengaruh terhadap mood manusia misalnya saja warna hijau akan memberikan
  2. Cat kayu transparan, jenis cat ini hasilnya bertolak belakang dengan cat kayu solid. Dapat diaplikasikan pada semua jenis kayu, cat kayu warna transparan lebih mengunggulkan warna kayu asli. Hal ini dikarenakan serat kayu patut untuk diperlihatkan baik dari segi serat ataupun lingkaran tahunnya. Banyak jenis warna transparan seperti warna kayu jati, warna sonokeling, warna mahogany, dll.
  3. Cat kayu berefek. Hasil dari cat kayu ini akhir-akhir ini menjadi trend karena sangat berbeda dari cat kayu transparan dan juga cat kayu solid. Cat kayu dengan memberikan efek tertentu seperti retak-retak, serat kayu yang terlihat antik, tekstur kayu yang lawas akan terlihat dengan baik. Untuk menciptakan kesan antik maka bukan karena akyu yang digunakan berumur tua tetapi dengan alat khusus untuk menimbulkan efek rustic. Cara sederhananya bisa menggunakan sikat kawat yang digosok secara perlahan dan tidak terlalu ditekan searah serat kayu lalu menggunakan cat kayu seperti glaze.
Baca Juga:  Tips Memilih Harga Cat Kayu Besi Water Based Terbaik

Berdasarkan pembagian cat dan plitur kayu terbaik diatas sesuai hasilnya, Anda sekarang tentu sudah bisa menentukan cat mana yang akan Anda gunakan sesuai dengan hasil yang diinginkan. Untuk mendapatkan cat kayu solid, cat kayu transparan dan cat kayu dengan efek ini Anda bisa mendapatkannya melalui website ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X