sepatu-belanda

Ingin Sepatu Kayu Yang Menarik? Selalu Gunakan Cat Kayu Yang Bagus

Sepatu kayu membutuhkan penampilan menarik dan bisa didapatkan dengan mudah jika menggunakan cat kayu yang bagus.

sepatu-belanda
Sepatu kayu membutuhkan penampilan menarik

Sepatu kayu pasti Anda sudah pernah melihatnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Jika di luar negeri Anda akan menemukan banyak sepatu kayu dari negara Belanda. Negara yang terkenal dengan kincir anginnya dan bunga tulip ini memiliki ciri khas masyarakat zaman dahulu yang menggunakan sepatu kayu. Sepatu yang disebut juga dengan klompen ini memiliki kelebihan tersendiri. Pada musim dingin sepatu kayu ini terasa hangat sedangkan pada musim panas sepatu kayu terasa lebih dingin. Cara yang benar dalam menggunakan sepatu kayu ini adalah menggunakan kaus kaki dan terdapat rongga satu jari agar penggunaanya nyaman.

Negara kita Indonesia juga tidak kalah dengan Belanda yang memiliki keunikan dengan sepatu kayunya. Di daerah Tasikmalaya terdapat kerajinan sepatu kayu yang dikenal dengan kelom. Bedanya jika klompen berbentuk sepatu, kelom lebih berbentuk sandal atau bakiak. Hampir sama seperti negara Jepang yang menggunakan geta, kelom merupakan sandal akan tetapi lebih spesifik digunakan untuk wanita. Sehingga penampilan dari kelom dipercantik dengan gambar bunga dari cat. Sebagai warna dasaran, cat kayu yang bagus digunakan pada kelom, geta atau klompen adalah warna natural transaparan.

Masih banyak lagi alas kaki yang terbuat dari kayu oleh negara negara lainnya. Hal ini disebabkan kayu pada zaman dahulu mudah ditemukan, berbeda dengan zaman sekarang kayu merupakan barang yang cukup langka dan berharga cukup mahal. Sehingga sepatu kayu seperti klompen sudah tidak digunakan oleh masyarakat melainkan hanya menjadi buah tangan saja.

Cerita Sepatu Kayu Dari Belanda

Jika berbicara alas kaki dari kayu, yang paling unik memang sepatu kayu klompen dari Belanda. Jika negara lain menciptakan sandal, Belanda menciptakan sepatu yang tertutup. Mengingat Belanda adalah negara empat musim sehingga pada musim dingin banyak petani yang menggunakan klompen untuk menjaga kaki tetap hangat. Jika Anda pergi ke pedesaan di Belanda masih ada warga yang menggunakan klompen. Sebenarnya klompen merupakan istilah sepatu yang digunakan untuk wanita sedangkan sepatu kayu unutk pria disebut dengan holleblokken.

Sepatu kayu sudah dikenal sejak tahun 1270 Masehi. Pada abad pertengahan sepatu kayu banyak digunakan oleh para petani dan buruh di seluruh negara yang tersebar di Eropa. Varian dari sepatu kayu ini adalah trippe atau terompa kayu yang berati sandal kayu dengan tali dari kulit. Klompen sendiri memiliki makna yang dalam yaitu merupakan karakter bangsa Belanda yang hemat, praktis, ulet dan ekonomis. Bentuk dari klompen sangatlah sederhana dengan bahan kayu yang mudah ditemukan.

Material kayu yang digunakan untuk membuat klompen adalah balok kayu gandarusa. Pada zaman dahulu sepatu kayu dibuat secara perlahan menggunakan pisau pemotong untuk membentuk bagian luarnya kemudian dibentuk bagian dalam dengan mencungkil. Untuk membuat sepasang klompen dibutuhkan waktu lima hari akan tetapi untuk sekarang sudah sangat mudah dibantu dengan mesin khusus hingga tahapan pengamplasan. Setelah sepatu jadi maka dilakukan proses finishing dengan cat kayu yang bagus berwarna natural setelah itu bisa digambar sesuai selera. Untuk klompen pasangan pengantin biasanya ditambah dengan ukir-ukiran yang indah.

Cat Kayu Yang Bagus Untuk Finishing Klompen

Berbicara tenatang finishing klompen maka dibutuhkan cat untuk finishing. Cat ini akan membantu memberikan keindahan serta memberikan perlindungan pada klompen. Sepatu yang akan digunakan akan selalu terkena perubahan cuaca maka cat akan melindungi dari hal tersebut. Sedangkan untuk penampilan terutama pada sepatu kayu wanita biasanya warna cat yang menarik akan memberikan kepecayaan diri ketika menggunakannya.

Hal ini juga berlaku pada klompen yang akan dijadikan oleh oleh. Walaupun mungkin hanya digunakan sesekali saja, cat kayu yang bagus akan memberikan penampilan menarik pada klompen. Maka pentingnya cat kayu pada sepatu kayu jenis apapun baik dari Belanda maupun dalam negeri tidak dapat dilupakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X