Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas Dunia

Cat kayu water based khususnya cat acrylic sebenarnya sudah dikembangkan sejak zaman Perang Dunia Ke II dan diciptakan oleh kimiawan Otto Rohm dan Otto Haas. Hasil penemuannya yaitu cat water based saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 80 persen penduduk dunia dan salah satunya adalah produk cat kayu besi Orchid. Dibandingkan dengan 70 tahun lalu ketika produk cat yang digunakan oleh manusia adalah cat solvent, cat minyak atau cat alkyid dan hanya terbuat dari resin. Cat tersebut lebih banyak mengandung bahan organik yang berbahaya Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas Duniabagi manusia dan lingkungan hidup. Mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh cat solvent maka manusia menciptakan cat acrylic water based yang aman dan ramah lingkungan.

Produk cat kayu besi saat ini telah berkembang dengan pesat bahkan dampaknya telah dirasakan di Indonesia. Salah satu cat dengan kelas dunia adalah cat kayu besi Orchid. Produk cat ini bisa masuk kelas dunia karena bahan pembuatnya adalah water based. Cat kayu water based telah banyak digunakan di luar negeri karena masalah keamanan bagi lingkungan hidup. Penggunaan cat kayu water based Orchid di Indonesia biasanya digunakan untuk furniture yang di ekspor ke negara Eropa dan juga Amerika.

Cat kayu besi Orchid ini bisa masuk ke dalam kelas dunia karena metode pembuatannya yang sesuai standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency). Cat water based yang diproduksi tidak mengandung bahan kimia berbahaya sama sekali karena dalam peraturan ECHA terdapat 82 jenis bahan kimia yang dilarang. Bahan kimia tersebut adalah formalin, toluene, merkuri, timbal bahkan VOC (Volatile Organic Compound). Khusus VOC, US EPA telah memberikan ambang batas penggunaan yang wajar dan tidak akan membahayakan kesehatan manusia. Kandungan VOC pada cat kayu besi Orchid hanya 100 gr per liternya. Padahal ambang batas yang ditentukan oleh US EPA adalah 300 gr per liternya. Inilah alasan mengapa cat kayu besi Orchid telah memasuki kelas dunia.

Inovasi Cat Kayu Besi Water Based Orchid

Tidak hanya kandungan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan saja cat kayu besi Orchid masuk kelas dunia. Inovasi yang dimasukan dalam cat dan tidak dimiliki oleh cat kayu besi pada umumnya sangat bervariasi. Jika cat enamel atau cat kayu besi water based lainnya hanya dapat digunakan pada furniture indoor saja, cat kayu besi Orchid dapat digunakan untuk furniture outdoor. Ketahanan cat dalam mengatasi perubahan cuaca mendukung untuk digunakan pada material luar ruangan seperti pagar, tiang rumah, furniture teras, patio, gazebo bahkan bisa juga untuk pergola.

Baca Juga:  Ini Trend Warna Baby Furniture 2016!

Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas DuniaInovasi lainnya adalah kandungan yang mampu mencegah timbulnya jamur dan rayap. Mikro organisme perusak kayu ini harus diatasi dengan baik , jika tidak maka keruskaan dalam jangka waktu 1 tahun saja bisa terjadi. Cat kayu besi Orchid akan mencegah kerusakan lebih dari tiga tahun pemakaian. Untuk material besi, cat kayu besi Orchid telah dilengkapi dengan bahan anti karat yang mencegah karat timbul karena kelembapan.

Jika inovasi perlindungan telah Anda dapatkan dari cat kayu besi Orchid lalu bagaimana dengan penampilannya? Jangan khawatir karena cat kayu besi Orhid memiliki 24 pilihan warna solid yang akan menutup warna asli material. Misalnya Anda akan finishing kursi kayu, tentu saja serat kayu akan tertutup dengan warna tajam cat enamel Orchid.  Untuk masalah tampilan  yaitu tingkat glossy, maka Anda akan mendapatkan warna semi gloss dengan tingkat glossy 60%.

24 pilihan warna dari cat kayu besi Orchid ini juga dapat Anda pilih sesuai dengan gaya yang akan diterapkan di dalam rumah. Misalnya saja gaya pop art, gaya modern minimalis, gaya kontemporer, gaya klasik, dll.

Trik Supaya Finishing dengan Cat Orchid Sempurna

Merasa kesulitan ketika mengecat? Atau merasa hasil yang didapatkan tidak seperti apa yang dibayangkan? Hal itu sangat wajar jika kamu adalah pemula. Bagi profesional mereka sudah tahu ada banyak trik yang bisa dilakukan supaya hasil finishing sempurna. 

Anda sudah menggunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan bahkan berstandar internasional. Tentu saja hasil yang sempurna sangat didambakan. Ketika menggunakan cat Orchid, ada banyak trik yang bisa dilakukan supaya hasil finising sempurna. 

Berikut ini beberapa trik yang harus diperhatikan, baik pada saat persiapan hingga proses finishingnya. 

  • Menggunakan primer coat

Jika Anda berencana mengecat furniture kayu, warna dari cat enamel terasa kurang cerah maka ada satu lapisan yang harus ditambahkan. Anda bisa memberikan primer coat sebelum aplikasi Orchid. 

Tujuan dari primer adalah mendasari permukaan kayu supaya warna kayu asli tertutup beserta seratnya. Tujuan yang kedua adalah supaya warna dari cat Orchid bisa lebih tajam. Pilih primer yang juga berpelarut air seperti Bioduco primer coat karena kompatibel dengan cat Orchid. 

Hindari menggunakan primer dari solvent karena akan mempengaruhi daya rekat dari Orchid. Karena cat water based tidak dapat menempel pada cat solvent begitu pun sebaliknya. 

  • Menggunakan kuas yang tepat
Baca Juga:  Dimana Jual Silica Gel Di Jogja?

Tidak sembarang kuas bisa digunakan, karena Anda akan menggunakan cat berpelarut air. Pilih kuas dengan bulu nilon atau busa yang tidak akan menyerap air secara berlebih. Bulu kuas ini juga tidak akan kaku ketika menyerap cat berpelarut air.

Karena harga kuas tidak mahal, maka jangan ragu untuk membeli kuas yang kualitasnya terjamin. Hindari menggunakan kuas bekas apalagi yang sudah kaku dan tidak bersih seperti bercampur dengan warna cat kering sebelumnya. 

Sesuaikan juga ukuran kuas dengan bentuk dari furniture kayu. Pada jenis kayu yang permukaannya datar dan lebar gunakan kuas dengan ukuran 5 inci ke atas. Jika furniture kecil, Anda bisa menggunakan kuas ukuran 3 inci.

  • Jangan lupa tepat dalam memilih warna

Kesalahan terbesar para pemula adalah tidak memperhatikan warna yang dihasilkan. Masalah warna ini harus disesuaikan dengan desain ruangan. Ada begitu banyak tingkatan warna merah, Anda harus memilih warna merah mana yang tepat untuk tema interior. 

Jangan sampai salah memilih warna ini membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk karena harus mengecat ulang. Untuk memilih warna yang tepat, gunakan color swatch dan letakkan pilihan warnanya di dalam ruangan. Bayangkan apakah warna tersebut tepat. 

  • Selalu mempersiapkan furniture sebelum mengecat

Ada satu hal penting yang harus diperhatikan adalah Anda harus mempersiapkan furniture sebelum akhirnya mulai mengecat. Furniture harus disiapkan dengan cara mengamplas dan membersihkan debunya. Hasil finishing yang tidak rapi atau kotor biasanya berasal dari sini. 

Anda tidak mempersiapkan permukaan kayu sehingga pori masih tersumbat dan kayu akhirnya tidak merata. Hal ini paling sering terjadi pada finishing warna putih atau pearl. Mengecat dalam kondisi furniture kayu belum dipersiapkan akan menghasilkan permukaan tidak sempurna. 

  • Jangan menjemur furniture untuk pengeringan

Ada sebuah perlakuan yang berbeda dari menggunakan cat Orchid yaitu Anda tidak perlu menjemur furniture. Lapisan coating akan kering dengan sendirinya walaupun Anda hanya mendiamkan furniture di dalam ruangan. Cat akan mengering dengan sendirinya secara sempurna. 

Kelas Internasional Dengan Cara Aplikasi Mudah

Jika Anda menyangka aplikasi cat kayu besi water based sulit, maka yang terjadi adalah sebaliknya. Untuk mengaplikasikan cat kayu besi Orchid Anda tidak membutuhkan alat yang profesional. Cukup diaplikasikan dengan kuas dan air saja. Untuk lebih lengkapnya lakukan cara berikut untuk aplikasi cepat:

  1. Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas DuniaPastikan media kayu atau besi sudah bersih dan halus. Material harus siap finishing dan kering. Material yang belum kering akan mengganggu tampilan furniture nantinya karena kelembapan akan keluar dan menimbulkan resiko jamur atau karat.
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air pada gelas plastik perbandingan 4 bahan : 1 air. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang halus, pilih kuas yang halus. Aplikasikan satu arah saja hingga rata ke seluruh permukaan kayu atau besi.
  3. Tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari sekitar 60 menit saja. Lalu amplas permukaan cat pertama dengan kertas amplas no. 400 hingga halus dan rata. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikan cat dua hingga tiga kali. Anda bisa menegcat hingga di dapatkan warna yang diinginkan.
Baca Juga:  9 Fakta Mengenai Cat yang Menarik untuk Diketahui

Cara mudah aplikasi cat kayu besi orchid di atas bisa Anda gunanakn pada berbagai macam furniture. Hal terpenting adalah jangan sampai Anda menguas dalam kondisi setengah kering karena cat pada permukaan material akan menggumpal. Pastikan cat sudah kering benar sebelum di amplas.

Mari Sadar Lingkungan Dengan Cat Kayu Besi Water Based

Kesadaran penggunaan cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan di luar negeri sudah tinggi. Ini juga yang menyebabkan cat kayu besi water based Indonesia banyak digunakan di Eropa dan Amerika. Sayangnya hal tersebut belum banyak disadari oleh masyarakat Indoneisa baik di kelas pengrajin maupun rumahan. Kebanyakan masyarakat masih bertahan dengan cat kayu solvent yang dianggap memiliki hasil terbaik baik dari segi warna maupun tingkat gloss.

Hal ini yang perlu diperbaiki dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Cat solvent yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti yang tadi sudah disebutkan dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Bahkan penyakit berbahaya seperti leukimia dapat  tumbuh dalam tubuh manusia. Kandungan formalin yang terdapat pada cat akan menguap pada saat dijemur. Kandungan gsa ini akan dihirup manusia dan akan bersarang dalam tubuh manusia.

Gejala awal yang akan dialami adalah iritasi mata,  batuk, gangguan saluran pernapas hingga gatal pada kulit. Jika gejala tersbut tidak di atasi bahkan tidak mengganti produk cat solvent tentu saja penyakit kanker akan tumbuh dalam tubuh. Seperti kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker darah, bahkan penyakit turunan.

Jika melihat bahayanya cat  solvent maka mulailah untuk berganti cat water based yang telah teruji aman dan ramah lingkungan. Cat kayu besi water based Orchid tidak akan mengancam kesehatan Anda baik di masa kini maupun masa depan. Gerakan seluruh masyarakat Indonesia untuk beralih dengan cat water based aman dan ramah lingkungan seperti cat kayu besi Orchid.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X