gitar-cat-kayu-gloss

Bingung Mau Finishing Gitar? Pakai Cat Kayu Warna Gloss

Ingin gitar tampil menarik? Baik itu gitar akustik atau gitar elektrik memiliki tampilan menarik dengan cat kayu warna gloss yang memberikan tampilan kilap.

Gitar adalah salah satu alat musik petik yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Ada dua jenis gitar yang saat ini sering digunakan adalah gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik mengeluarkan bunyi yang berasal dari senar gitar yang bergetar kemudian dialirkan melalui sadel dan jembatan sebagai tempat pengikat senar ke dalam ruang suara yaitu body gitar. Gitar elektrik sendiri  membutuhkan pickup untuk mengolah string (senar gitar) menjadi bunyi yang mengalirkan arus listrik kemudan dikuatkan kembali memanfaatkan perangkat amplifier dan loud speaker. Gitar listrik terbagi dari gitar elektrik sendiri dan gitar bass yang menghasilkan bunyi bass.

cat-kayu-untuk-gitar
Ingin gitar tampil menarik? Baik itu gitar akustik atau gitar elektrik memiliki tampilan menarik dengan cat kayu warna gloss yang memberikan tampilan kilap.

Penampilan baik gitar elektrik maupun gitar akustik akan berubah menarik jika diberikan cat kayu warna gloss. Tampilan gitar yang glossy akan memberikan kesan mewah pada gitar selain itu juga memberikan warna kayu sesuai dengan jenis kayu yang digunakan. Ada banyak jenis kayu yang biasnya digunakan untuk membuat gitar yaitu kayu mahogany, rosewood, Maple, Poplar, walnut, dll.

Cantiknya Gitar Tampil Glossy

gitar-cat-kayu-glossGitar adalah alat musik yang sudah diciptakan sejak beribu tahun yang lalu. Banyak yang mengaku bahwa gitar ini berasal dari Spanyol, Persia, Babilonia, dll karena bukti sejarah sendiri sudah banyak yang rusak maka tidak dapat dipastikar di mana gitar pertama kali diciptakan. Pada awalnya gitar memang belum berbentuk seperti sekarang ini. Perkembangan gitar yang paling terasa adalah di daerah Eropa yang memang menyukai seni musik bahkan hingga sekarang. Pada abad akhir abad ke 17 terdapat perubahan pada alat musik gitar yang tadinya memiliki dawa ganda menjadi dawai tunggal sedangkan gitar yang memiliki lima dawai berubah menjadi enam dawai. Gitar yang masih digunakan hingga saat ini adalah gitar dengan 6 dawai.

Baca Juga:  Kenali Material Bangunan MDF, Kelebihan dan Kekurangannya

Pembuatan string dawai dulu masih menggunakan Gut yaitu tali yang dibuat dari usus binatang. Cara pembuatan ini berkembang dan berawal di Afrika. Akan tetapi dengan menyebarnya gitar keseluruh dunia maka senar yang digunakan pun berubah menjadi string nylon yang digunakan hingga sekarang. Yang tidak berubah dari gitar adalah material yang digunakan adalah kayu (gitar akustik). Jenis kayu yang sudah dijelaskan di atas dianggap sesuai untuk menghasilkan bunyi yang enak didengar. Sedangkan gitar listrik sendiri tidak semua menggunakan kayu, beberapa gitar listrik menggunakan bahan policarbonat.

Sedangkan tampilan dari gitar semakin tahun semakin menarik. Ada yang berpenampilan glossy dan juga doff. Masing-masing penampilan gitar disesuaikan dengan kesukaan penggunananya. Untuk menghasilkan gitar akustik dan gitar elektrik yang mengkilap cat kayu warna gloss berperan penting. Cat tidak hanya memberikan penampilan mengkilap pada gitar tetapi juga melindungi agar gitar tidak cepat rusak. Material kayu gitar jika tidak dilindungi oleh cat makaa akan cepat berjamur karena kelembapan. Jika sudah tumbuh jamur maka akan cepat lapuk terkadang juga akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.

Cat Kayu Warna Gloss Bebas Bau Untuk Gitar

Gitar Anda yang sudah difinishing memiliki tampilan mengkilap tetapi berbau menyengat? Masalah bau selalu menjadi permasalahan serius, terlebih lagi jika bau tidak menghilang dalam jangka waktu pendek. Kemungkinan cat yang digunakan untuk finishing adalah cat solvent. Jenis cat solvent akan menimbulkan bau yang menyangat dan mengganggu aktivitas bermusik tentunya. Untuk menghindari bau pada gitar sebaiknya gunakan cat kayu water based yang tidak akan menimbulkan bau menyengat pada gitar. Cat solvent memiliki bau menyengat karena bahan pencampurnya adalah thinner, sedangkan cat water based tidak menimbulkna bau karena menggunakan bahan pencampur air. Cat water based termasuk salah satu cat kayu warna gloss yang akan memberikan tingkat glossy hingga 80%. Merk cat kayu yang bisa Anda andalkan adalah cat kayu Biovarnish. Selain tampilan glossy Ada bisa juga memberikan cat clear doff untuk pilihan.

Baca Juga:  Aplikasi Cat Kayu Untuk Meja Tamu Yang Usang

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X