Bahaya Finsihing Dengan Cat Cepat Kering Solvent Based

cat cepat keringCat cepat kering adalah solusi sat finishing agar lebih efisien waktu. Gunakan yang aman dan ramah lingkungan.

Saat proses finishing, waktu adalah faktor utama yang dibutuhkan. Industri kayu seperti mebel sangat memikirkan sekali salah satu faktor ini. Untuk mencapai kebutuhan customer, produsen dituntut untuk menyelesaikannya tepat waktu. Walaupun sudah memilih cat cepat kering,  tidak jarang produsen menggunakan lampu LED untuk mempercepat pengeringan.

Keefisien waktu sangat dibutuhkan saat produksi maka dari itu diperlukan cat cepat kering dengan kualitas yang bagus. Di pasaran, banyak dipromosikan cat cepat kering yang akan memenuhi kebutuhan finishing Anda. Setiap merk kadangkala menawarkan keunggulan masing-masing, namun cat yang ditawarkan biasanya didominasi oleh cat solvent based atau cat berpelarut minyak. Apabila Anda ragu dengan penggunaan cat jenis tersebut, langkah yang tepat adalah dengan menggunakan cat cepat kering water based.

Baca Juga : solvent based adalah? ini perbedaannya dengan water based yang perlu anda tahu

Bahaya Cat Cepat Kering Solvent Based

Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang menggunakan cat solvent based yang mudah ditemui dan diaplikasikan. Bahkan banyak Anda temui di setiap toko bangunan atau toko khusus cat menawarkan cat solvent based tersebut. Memang memiliki banyak keunggulan dan varian warna yang menarik. Namun tahu kah Anda dibalik keunggulan tersebut banyak mengancam bahaya?

Di luar negeri, sebagian besar bahkan benua Amerika atau pun Eropa telah menghentikan penggunaan cat solvent based karena bahaya yang ditimbulkan. Ya, cat jenis ini sangat berbahaya karena mengandung logam berat. Diantaranya adalah timbal dan merkuri, apabila dua kandungan ini terhirup masuk ke dalam tubuh dan mengendap dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti, kinerja hati, sistem syaraf bahkan kanker. Selain itu, cat solvent based juga berdampak buruk pada kehidupan lainnya. VOC yang menguap di udara yang tinggi dapat mengakibatkan pecemaran udara, hal tersebut adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi melebarnya lapisan ozon. Sedangkan lapisan ozon adalah lapisan pelindung bumi dari sinar ultraviolet matahari. Bisa disimpulkan bahwa cat solvent based merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Apakah Anda ingin meneruskan pemakaian cat solvent based?

Solusi Cat Yang Tepat

orchid enamel
Orchid Enamel Paint

Mengetahui cat solvent based tidak baik untuk kesehatan, alangkah sejak dini mengurangi ataupun menghentikan cat solvent based. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan cat water based atau cat berpelarut air yang aman dan ramah lingkungan. Cat tersebut merupakan cat dengan bahan dasar air yang memiliki VOC sangat rendah bahkan dibawah batas keamanan sehingga dipastikan aman untuk kesehatan ataupun lingkungan.

Maka dari itu, penggunaan cat water based dikatakan sebagai langkah dari tidaklanjut Go Green. Untuk mengahasilkan finishing dengan warna soid, Anda dapat menggunakan cat water based Orchid Enamel. Cat tersebut merupakan salah satu cat solid water based yang cocok digunakan untuk furniture eksterior ataupun interior seperti kusen, pintu, jendela, kursi garden dan sebagainya yang berbahan kayu, mdf, triplek ataupun bambu.

Cat water based ini juga tidak kalah dengan cat solvent based, bahkan cat ini memiliki daya rekat film yang kuast, kelenturan yang bagus dan jarang didapatkan pada cat solvent based, tahan cuaca, anti jamur dan mudah diaplikasikan. Untuk pengaplikasian juga muda, Anda cukup menggunakan air 20% dari cat, kemudian aplikasikan ke media sebanyak 4 kali atau lebih untuk tampilan warna lebih maksimal. Anda tidak perlu menggunakan topcoat untuk hasil akhir, karena di dalam cat Orchid telah terkandung topcoat sehingga tampilan akhir dari Orchid bia Doff maupun glossy sesuai dengan kebutuhan finishing Anda.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa langsung hubungi Customer Service via telp 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Atau Anda dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan, No.94, Yogyakarta.

Semoga dengan ulasan bahaya penggunaan cat cepat kering solvent based tersebut dapat memudahkan Anda dalam memilih dan memilah cat yang tepat untuk kebutuhan finishing Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X