Bahan Finishing Meja Kecil Aman Untuk Sekolah

Bahan Finishing Meja Kecil Aman Untuk Sekolah

Pemilik industri furnitur, harus memperhatikan bahan finishing yang digunakan untuk mengecat berbagai jenis produk yang diproduksi. Salah satunya adalah meja kecil yang sering digunakan untuk sekolahan terutama sekolah anak-anak TK.

Mengapa Anda harus memperhatikan? Karena meja yang digunakan wajib menggunakan bahan finishing yang aman bebas formalin atau logam berat. Bahan finishing atau cat terkenal dengan bahan dasar resin yang membutuhkan solvent sebagai bahan pelarutnya. Tanpa menggunakan solvent maka resin tidak akan membentuk cat.

Masalah ini sudah sering menghampiri banyak produsen cat, karena solvent adalah bahan yang cukup berbahaya untuk digunakan khususnya di lingkungan anak-anak. Padahal bahan solvent terbilang murah yang akan menimbulkan banyak keuntungan pada produsen cat.

Apa saja bahaya dari solvent sehingga Anda sebaiknya tidak mengaplikasikannya pada meja kecil yang digunakan anak-anak untuk belajar.

Bahaya Solvent dalam Cat

Bahan kimia dari cat dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius baik bagi mereka yang menerapkannya, apakah mereka profesional atau penggemar DIY  dan mereka yang harus tinggal di rumah setelahnya.

Cat yang digunakan di rumah mengandung bahan kimia berbahaya seperti solvent dan senyawa organik yang mudah menguap (VOC). Ketika cat mengering, bahan kimia ini menguap ke udara di mana dekorator yang malang dapat menghirup asap beracunya.

Menghirup asap cat dapat memperburuk asma dan sinusitis, kata Dr Keith Prowse, dari British Lung Foundation. Karena pelarut diserap ke dalam paru-paru, maka aliran darah, mereka dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing. Ketika VOC dihirup, mereka dapat menyebabkan iritasi mata, hidung dan tenggorokan. Dalam jumlah besar, penelitian pada hewan telah menghubungkan bahan kimia ini dengan cacat lahir, kanker dan kerusakan pada sistem saraf pusat.

Baca Juga:  3 Jenis Kayu Berkualitas Bagus untuk Kebutuhan Outdoor

Bahan Finishing Meja Kecil  Aman Untuk SekolahTukang cat profesional paling berisiko: mereka memiliki 20 persen peningkatan risiko berbagai kanker, terutama kanker paru-paru, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sementara itu, di Denmark, para spesialis telah mengidentifikasi kondisi neurologis yang diakibatkan oleh paparan jangka panjang terhadap pelarut cat.

Para pekerja yang secara teratur terpapar bahan kimia dalam cat mungkin lebih rentan terhadap masalah kesuburan, saran sebuah studi dari Sheffield dan Universitas Manchester. Organisasi Kesehatan Dunia juga telah menyuarakan keprihatinan tentang efek kesehatan jangka panjang dari ‘off gassing’, pelepasan uap pada kehidupan cat. Mengoleskan cat pada kulit juga dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti ruam, kata dokter kulit konsultan Dr Andrew Wright, dari Bradford Teaching Hospital Trust.

Eksposur kronis, atau bahkan satu paparan besar, dapat memiliki implikasi serius pada kesehatan pekerja. Sebuah penelitian dalam jurnal medis Neurology menemukan bahwa para pekerja yang secara konsisten terpapar dengan tingkat pelarut yang tinggi selama masa hidup mereka memiliki tingkat kerusakan otak yang lebih tinggi bahkan bertahun-tahun kemudian.

Studi ini menemukan bahwa 59 persen pekerja mengalami kesulitan dengan setidaknya satu dari delapan memori dan kemampuan berpikir yang diuji. Hasil juga menunjukkan bahwa pekerja dengan eksposur yang tinggi dan baru-baru ini terhadap pelarut jauh lebih mungkin mengalami masalah dengan latihan ingatan, perhatian visual, dan pengalihan tugas dibandingkan dengan mereka yang tidak terpapar.

Solusi Penggunaan Bahan Finishing Aman

Melihat tingginya masalah yang akan timbul ketika menggunakan banyak cat solvent pada meja kecil yang digunakan pada sekolah anak anak untuk belajar tentu saja para orang tua akan kahwatir dan berfikir ulang untuk menggunakan furnitur tersebut.

Bagi sekolahan akan menghindari bahan berbahaya yang menempel pada alat yang digunakan untuk belajar siswa atau siswi mereka. Untuk itu sebagai produsen furnitur seperti meja kecil dan furnitur lainnya perlu mempertimbangkan solusi untuk menggantikan bahan finishing cat solvent yang selama ini digunakan.

Baca Juga:  Merk Bleaching Kayu WA 250, Produk Dengan Bahan Pelarut Air

Cat berbasis air memiliki risiko lebih sedikit daripada yang berbasis pelarut karena mereka harus bebas racun dan juga lebih rendah dalam bau. Alternatif lain adalah mencoba cat alami seperti cat eco, yang merupakan pelarut, bebas VOC dan tidak berbau.

Bahan Finishing Meja Kecil Aman Untuk SekolahCat alami tidak melepaskan asap beracun. Dan karena kuas dapat dibersihkan dengan air, tidak perlu untuk bahan pembersih lain dari thinner atau solvent lainnya dari pelarut. Bagi [ara pekerja yang menggunakan cat solvent sering-seringlah beristirahat di udara segar dan jangan berada di dalam ruangan finishing terlalu lama.

Solvent sangat mudah terbakar  jauhkan cat dari api terbuka. Buang kain dengan benar, lap yang dibasahi dengan cat berbasis minyak dapat terbakar secara tiba-tiba jika Anda tidak berhati-hati.

Dari semua solusi yang diberikan ketika menggunakan cat solvent, maka menggunakan cat water based adalah solusi yang paling baik. Anda akan mendapatkan cat water based di Indonesia lebih mudah karena di Indonesia sudah banyak produsen cat water based berkualitas dengan varian warna yang menarik bahkan lebih tahan lama.

Produsen Bahan Finishing yang Aman dan Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang sedang mencari produsen yang menyediakan bahan finsihing untuk meja kecil baik itu untuk proyek besar dan proyek kecil di sinilah tempat yang tepat. Anda akan mendapatkan produk cat water based lebih mudah bahkan lebih murah.

Cat water based lebih aman dan ramah lingkungan dengan kandungan VOC yang sangat rendah ketika digunakan pada meja kecil yang akan digunakan dalam sekolahan tidak akan menimbulkan bau yang menyengat bahkan Anda bisa memilih varian warna yang dibutuhkan.

Berikut ini dua jenis bahan finishing berbasis air yang bisa Anda gunakan untuk finishing pada meja kecil dan furnitur lainnya:

  • BioColours Series Warna Transparan
Baca Juga:  Harga Cat Kayu Besi 2017 Terbaru dan Terpercaya

Produk BioColours series ini terdiri dari empat produk yang akan menghasilkan finishing close pore dengan warna natural. BioColours wood filler yang akan menutup pori kayu, BioColours sanding sealer yang akan menguatkan lapisan di bawah dan diatasnya, BioColours wood stain untuk memberikan warna natural transparan dan terakhir adalah BioColours top coat yang akan memberikan lapisan film pelindung.

Keempat produk ini berfungsi untuk memberikan tampilan sekaligus memberikan perlindungan pada meja kecil agar bertahan lebih lama dari goresan. Produk ini tidak akan menimbulkan bau pada saat proses pengeringan dan lebih mudah diaplikasikan karena larutan yang terbentuk lebih mudah meresap ke dalam pori dan cepat kering.

  • BioColours Series warna Solid

Anda yang tidak ingin mengecat dengan warna natural transparan dapat memilih BioColours series warna solid ini. Ada empat produk yang perlu digunakan dimulai dari BioColours wood putty untuk menutup pori dan warna kayu, BioColours Primer Coat sebagai warna dasar kayu, BioColours Bioduco yang akan memberikan warna solid pada kayu dan terakhir adalah BioColours top coat yang akan memberikan lapisan film.

Pemilihan warna yang dibutuhkan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anak-anak dan sekolah yang menginginkan meja kecil untuk belajar. Anda bisa memilih dari 24 varian warna yang tersedia pada BioColours Bioduco. Jadi Anda akan mendapatkan warna menutup kayu dan mendapatkan perlindungan meja kecil lebih besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X