Alat Penyerap Kelembapan Udara Di Musim Hujan

Alat Penyerap Kelembapan Udara Di Musim Hujan

Musim hujan sudha tiba, kini saatnya Anda mempersiapkan ruangan agar tidak lembab dan timbul jamur. Kelembapan juga akan memberikan banyak kerugian selain jamur yaitu berbagai jenis penyakit dan juga berbagai jenis kerusakan pada makanan dan juga pada peralatan rumah. Misalnya saja timbul karat pada perkakas rumah tangga dan juga berbagai jenis buku atau benda penting lainnya yang disimpan.

Alat Penyerap Kelembapan Udara Di Musim Hujan
Kursi besi yang sudah mulai berkarat.

Modern ini banyak sekali berbagai macam ditawarkan oleh produsen penyerap kelembapan yang menawarkan produk penyerap kelembapan udara. Tetapi apakah produk-produk tersebut sangat efektif dalam meneyrap kelembapan di rumah Anda? Jawabannya adalah belum tentu. Ada beberapa produk yang bahan serap yang kemampuan serap lembabnya tidak sama. Bahkan ada juga yang hanya dapat mneyerap kelembanan dalam jumlah sedikit.

Berbagai macam bahan penyerap kelemabapan ini harus menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan dapat menyerap nkelembapan secara maksimal. Jangan sampai terkecoh dengan harga yang murah tetapi akhirnya tidak dapat menyerap kelembapan dengan maksimal.

Kenali Alat Pengukur Kelembapan Dan Pengatur Kelembapan

Bagaimana Anda dapat mengenali ruangan yang lembab? Sebenarnya untuk mengukur kelembapan dalam ruangan, terdapat sebuah alat yang bisa Anda gunakan. Ada dua alat yang sering membuat bingung yaitu Hygrometer dan Humidistat. Apakah sebenarnya perbedaan dari kedua alat tersebut?

  • Hygrometer
Alat Penyerap Kelembapan Udara Di Musim Hujan
Alat pengukur suhu kelembaban udara.

Alat ini adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kelembapan di dalam sebuah ruangan. Jika Anda akan menggunakan alat ini maka bisa memilih tampilan digital atau tampilan manual. Hygormeter dapat bekerja jika Anda memberikan baterai dan diletakan di dinding atau di atas meja. Fungsinya adalah untuk mempermudah membaca kelambapan udara dalam sebuah ruangan dengan cepat.

Alat ini sering disamakan dengan alat thermometer yang berguna untuk membca suhu udara di udara.

  • Humdistat

Alat ini adalah alat yang digunakan untuk mengontrol kelembapan di dalam ruangan dan menghilangkan kelembapan maupun memasukan kelembapan di dalam ruangan. Humidistat adalah alat yang dijual bersama dengan alat pengontrol kelembapan sehingga harga yang diberikan pun sangatlah mahal. Walaupun aplikasi humidistat ini memerlukan banyak energi dan juga harga tetapi sangat berfungsi dengan baik menjaga kelembapan di dalam ruangan khususnya untuk tempat penyimpanan benda penting seperti arsip lama atau barang sejarah.  Kelembapan yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah tidaklah baik.

Jika Anda ingin membandingkan keduanya maka yang perlu diingat adalah hygrometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur suhu kelembapan saja sehingga Anda bisa melakukan tindak lanjut apabila ruangan terlalu kering maupun terlalu lembab. Sedangkan humidistat adalah produk yang berfungsi untuk mengatur kelembapan dengan tepat.

Produk Yang Lebih Murah Dibandingkan Alat Pengatur Kelembapan

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, lalu langkah apakah yang akan Anda ambil? Kelembapan yang semakin tinggi di dalam rumah akan membat AC di rumah Anda bekerja lebih keras karena akan menyeimbangkan suhu ruangan menjadi lebih stabil atau normal seperti pada kondisi udara yang hangat. Pada saat musim hujan, Anda memerlukan pemanas ruangan karena kondisi ruangan yang sangat rendah, akan tetapi itu akan meningkatkan biaya listrik Anda. Menggunakan produk yang lebih murah untuk menyerap kelembapan adalah salah satu solusi yang sangat dibutuhkan.

Coba bayangkan saja ketika udara terlalu kering maka akan mempengaruhi kesehatan seperti kulit yang kering, menimbulkan iritasi tenggorokan, hidung kering menimbulkan penyakit sinus dan menimbulkan penyakit mata atau iritasi mata. Ketika udara terlalu lembab akan menimbulkan berbagai jenis penyakit yaitu flu dan menimbulkan jamur dalam ruangan.

Nah produk murah apakah yang bisa menyerap kelembapan dan mengontrol suhu udara dalam ruangan? Anda bisa menggunakan bahan serap lembab container desiccant yang mampu menyerap kelembapan lebih dari beratnya sendiri.  Container desiccant pole yang dijual dengan berat satu kilogram ini dapat menyerap sama dengan beratnya. Maka total kelembapan yang akan Anda dapatkan adalah 1 kilogram. Anda bisa mengeceknya dengan menimbang beban dari container desiccant. Apabila telah mencapai 2 kilogram Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Cara aplikasinya sangat mudah, Anda cukup menggantungnya pada ruangan yang lembab dan mengeceknya setiap satu minggu sekali. Untuk menggantinya Anda bisa membeli yang baru. Container desiccant pole ini bisa berfungsi hingga dua atau 3 bulan tergantung dengan suhu kelembapan udara.

Untuk mengecek suhu kelembapan udara maka gunakanlah hygrometer. Ketika suhu kelembapan di dalam ruangan semakin meningkat maka Anda bisa menambahkan container desiccant atau menggantinya dengan yang baru. Berbagai macam ruangan dapat diberikan produk ini seperti dapur, garasi, kamar mandi, dan juga ruangan lembab lainnya.

Bahkan manfaatnya tidak hanya menyerap kelembapan, karena kelembapan sudah diserap apabila ruangan berbau lembab akan hilang secara perlahan. Jika terdapat jamur pada dinding maka Anda cukup membersihkannya dan tidak ada jamur yang muncul kembali.

Ingin mendapatkan produk container desiccant yang murah dan efektif ini? Anda bisa membelinya di sini.

Selain pembelian melakukan proses online Anda juga bisa membeli produk container desiccant secara langsung di Cirebon. Proses pembelian langsung bisa dilakukan di Jl. Kisabalanang no. 23 Megucilik, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Anda bisa mendapatkan produk cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X