Penting! Cat Kayu Aman Untuk Kesehatan Janin

Penting! Cat Kayu Aman Untuk Kesehatan Janin

Meremehkan penggunaan cat kayu aman bagi ibu hamil adalah kesalahan fatal yang harus dihindari sekarang juga.

Penting! Cat Kayu Aman Untuk Kesehatan JaninKetika Anda sedang hamil dan menantikan buah hati pasti akan banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari membeli pakaian bayi, perlengkapan mandi dan makan serta kamar bayi yang lucu dan imut. Bahkan tidak jarang sekarang para orang tua menghias kamar sendiri mulai dari memilih furniture dan juga melakukan pengecatan. Melakukan pengecatan tidak hanya terbatas pada dinding, mungkin Anda juga akan mengecet furniture sendiri. Melakukan pengecatan furniture dan dinding bukanlah hal yang mudah karena Anda akan memberikan warna-warna menarik di kamar calon buah hati. Di sinilah peran dari cat kayu aman harus difungsikan secara maksimal. Jika Anda salah memilih jenis cat maka akan memberikan pengaruh berbahaya bagi janin.

Produk cat adalah material umum yang bisa Anda dapatkan ditoko besi atau toko bangunan terdekat. Mungkin karena Anda terlalu bersemangat, Anda memilih cat kayu berdasarkan warna saja atau berdasarkan kemudahan aplikasinya. Padahal hal utama yang harus dipikirkan adalah kemanan cat tersebut. Kebanyakan cat yang dijual pasti memiliki banyak kandungan yang dapat memberikan gangguan kesehatan janin melalui gas yang Anda hirup. Cat memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compound), formalin, timbal, toluene, benzene dan xylene. Kandungan tersebut pada awalnya akan menimbulkan pusing, mual, iritasi mata dan tanpa disadari dapat menimbulkan keguguran, gangguan janin yang mengakibatkan cacat pada anak hingga kanker.

Tips Menjaga Kesehatan Janin Dari Cat

echo-friendly-paintJika Anda menyadari betul betapa berbahayanya gas yang dikeluarkan oleh cat maka harus dilakukan pencegahan sejak dini. Ada banyak langkah atau cara yang harus dihindari agar tidak menghirup atau terkontaminasi dengan bahan berbahaya tersebut. Berikut ini tips berikut ini untuk melakukan pencegahan awal:

  1. Pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan baik agar gas pada cat keluar ruangan. Buka semua jendela yang terdapat di dalam ruangan. Jika pengecatan furniture sebaiknya lakukan di luar ruangan agar gas tidak langsung terhirup.
  2. Pastikan Anda menggunakan masker serta sarung tangan. Masker harus dipilih yang bagus tidak hanya sekedar penutup hidung saja agar udara yang sudah terkontaminasi gas dari cat tidak terhirup. Sedangkan kuas tentu akan mencegah bersentuhan dengan cat agar tidak timbul iritasi kulit.
  3. Pastikan menggunakan cat kayu aman. Jenis cat kayu aman yang saat ini paling sering digunakan adalah cat water based. Bahan air yang digunakan tentu tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti formalin. Berbeda jauh dengan cat solvent yang menggunakan bahan pencampur thinner yang sudah pasti memiliki kandungan berbahaya bisa dihirup dari baunya yang menyengat.
  4. Segera periksakan kondisi kandungan Anda jika terasa pusing, mual, iritasi mata, batuk terus menerus serta tidak ada pergerakan dalam kandungan.
Baca Juga:  Cara Finishing Baby Furniture Warna Putih

Percayakan Cat Kayu Aman Dengan Produk Biovarnish

Produk yang cat kayu aman untuk furniture kamar bayi tentu bukanlah hal sulit untuk didapatkan. Sekarang sudah hadir cat kayu Biovarnish yang dibuat dengan memperhatikan kesehatan pengguannaya salah satunya ibu hamil. Cat kayu Biovarnish bukanlah cat solvent atau cat water based biasa yang memiliki kandungan toxin. Bahkan pembautannya pun mengacu pada standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) serta US EPA (Enviromental Protection Agency) yang sangat menjaga pengguanaan bahan kimia berbahaya serta kadar VOC (Volatile Organc Compound) yang sangat rendah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X