Finishing Kayu Kelapa Tidak Harus Sulit, Lihat Di Sini!

finishing kayu kelapaFinishing kayu kelapa sangat perlu memperhatikan seratnya. Sehingga alangkah baiknya gunakan cat yang tepat dan aman.

Kayu kelapa seringkali digunakan untuk melengkapi perabotan rumah bahkan digunakan untuk furniture-furniture eksterior, seperti kusen, pintu, jendela, rangka atap atau bahkan digunakan sebagai pagar. Di  Indonesia, untuk mendapatkan kayu ini amatlah mudah. Daerah yang dikekelilingi lautan merupakan tempat yang cocok untuk tumbuhnya pohon kelapa ini. Anda dapat menemukan sekitar pinggiran pantai atau daerah sekitar pantai.

Selain kayu kelapa yang mudah didapat, kayu tersebut juga memiliki serat kayu yang unik, lurus, dan kuat. Maka dari itu, desainer arsitektur sering menggunakan kayu ini untuk menampilkan kesan klasik dari kayu kelapa. Serat yang ditampilkan dapat memberikan kesan elegan dan berkelas. Namun, kayu kelapa ini memiliki kadar minyak yang tinggi sehingga ketika diaplikasikan finishing melamine atau Nitro Celluloce kadang tidak dapat menyatu dengan sempurna. Jika teknik aplikasi finishing kayu kelapa ini tidak maksimal  kemungkinan yang terjadi adalah serat kayu kelapa akan menyusup dan ini akan berbahaya jika terkena kulit. Selain itu, kayu kelapa juga sangat rentan terkena serangan jamur dan serangga jahat seperti rayap dan serangga bubuk kering. Maka dari itu, alangkah baiknya lakukan treatment terlebih dahulu sebelum mengolah kayu tersebut menjadi barang funiture.

Lakukan Finishing Kayu Kelapa Dengan Tepat

Karena kayu kelapa merupakan salah satu kayu yang memiliki kandungan nutrisi yang banyak, sehingga kemungkinan mudah untuk terserang serangga. Untuk mengantisipasi akan bahaya serangan tersebut, alangkah baiknya lakukan treatment-treatment berikut:

  1. Sebelum Anda mengolah kayu kelapa menjadi batangan untuk kebutuhan furniture, rendam kayu yang sebelumnya telah diberikan anti jamur dan anti serangga sekaligus.
  2. Kemudian angkat kayu kelapa.
  3. Setelah itu masukkan ke dalam oven hingga kering. Pastikan MC kayu <12%
  4. Amplas kayu kelapa hingga halus, selanjutnya dapat Anda gunakan untuk membentuk furniture yang sesuai dengan pola yang telah Anda buat.
Baca Juga:  Apakah Liquid Stain Cat Semprot Terbaik untuk Outdoor? Ikuti Panduan Memilihnya
Polythure
BioColours Biopolyture

Setelah melakukan treatment kayu kelapa tersebut, langkah selanjutnya adalah tahap finishing kayu kelapa. Berikut tahapan-tahapan yang dapat Anda lakukan:

Bahan:  WSO (Wood Stain Outdoor)

BioColours Biopolyture

Topcoat EP 3050

Langkah-langkah finishing kayu kelapa:

  1. Aplikasikan WSO pada permukaan kayu kelapa, tunggu hingga kering.
  2. Setelah mengering baru Anda aplikasikan Biopolyture. Gunakan takaran 2 bahan Biopolyture:1 bahan air. Disarankan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain atau kuas halus. Walaupun diaplikasikan dengan spray, namun lebih efisien dengan penggunaan kuas.
  3. Jika Anda kurang puas dengan warna yang dihasilkan. Anda dapat mengaplikasikan kembali, namun sebelumnya amplas terlebih dahulu setelah olesan Biopolyture tersebut mengering. Gunakan amplas no.400, agar permukaan lebih halus.
  4. Apabila Anda telah mendapatkan warna yang sesuai dengan diinginkan, selanjutnya adalah aplikasikan topcoat EP 3050. Disarankan penggunaan topcoat EP 3050 sesuai takaran (2 bahan topcoat: 1 bahan air)
  5. Tunggu hingga mengering dan lihat hasilnya.

Menggunakan cat water based merupakan salah satu cara untuk menggalakkan gerakan peduli lingkungan. Karena cat tersebut cenderung lingkungan dan mengangkat slogan go green. Maka dari itu, bagian barat seperti Amerika dan Eropa telah menggalakkan penggunaan cat water based sejak belasan atau puluhan tahun yang lalu akan pentingnya lingkungan. Sedangkan di Indonesia, gerakan menggunakan cat water based sejak dari 5 tahun terakhir ini. Mulai meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia, banyak produsen mulai mengembangkan cat water based tersebut.

BioColours Biopolyture merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Dibuktikan dengan memiliki standarisasi keamanan internasional dari US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Tertarik menggunakan BioColours Biopolyture? Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Customer Service via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Jika Anda ingin membeli langsung, dapatkan produk Bio Industries di. Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta. Jadi, pastikan Anda menggunakan finishing kayu kelapa aman dan ramah lingkungan. Mari galakkan gerakan peduli lingkungan. Bumi Sehat Anda pun Sehat.

Baca Juga:  JANGAN!!! Finishing Kursi Garden Ini Tidak Aman Untuk Kesehatan Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X