Bahaya Merkuri dalam Cat Berbasis Minyak bagi Janin dan Anak-anak

Efek bahaya merkuri dalam cat berbasis minyak bagi anak-anak dan janin sangat nyata dan termasuk mengkhawatirkan. Efek paparan merkuri bisa menyebabkan perubahan tingkah laku nak hingga kematian pada kasus yang parah. Oleh karena itu, sebaiknya dipilih cat yang bebas merkuri untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak maupun janin.

Merkuri adalah salah satu komponen yang sering ditemukan pada cat bebasis minyak atau oil-based paint. Logam

Bahaya Merkuri dalam Cat Berbasis Minyak bagi Janin dan Anak-anak
Bahaya Merkuri dalam Cat Berbasis Minyak bagi Janin dan Anak-anak

ini umumnya berfungsi sebagai anti jamur dan pigmen di dalam cat. Meskipun memiliki fungsi penting, akan tetapi konsekuensi penggunaan logam ini tidak main-main. Kandungan merkuri anorganik akan membahayakan kesehatan. Anak-anak dan janin akan menderita gangguan kesehatan yang lebih parah dibanding orang dewasa pada paparan yang setara. Hal ini dikarenakan:

  1. Anak-anak belum memiliki kesadaran terhadap bahaya merkuri. Beberapa perilaku anak seperti suka memasukkan mainan dan telapak tangan yang penuh dengan debu cat ke dalam mulut bisa membuatnya terpapar merkurisecara langsung.
  2. Kecepatan metabolisme anak lebih tinggi dibanding orang dewasa. Akibatnya, absorbsi berbagai zat, termasuk merkuri juga lebih tinggi.
  3. Persentase jumlah makanan yang dikonsumsi anak dibanding tubuhnya lebih besar dibanding orang dewasa. Merkuri dengan massa yang sama akan berefek lebih membahayakan pada anak-anak karena tubuh mereka yang kecil.
  4. Belum berkembangnya semua sistem pada anak-anak dengan sempurna. Hal ini menyebabkan pertahanan tubuh mereka lebih lemah ketika terpapar merkuri.

Membandingkan Bahaya Merkuri dalam Cat bagi Janin dan Anak-anak dengan Orang Dewasa

Dampak bahaya merkuri dalam cat berbasis minyak bagi janin dan anak-anak ditunjukkan dengan gejala yang lebih buruk dibanding gejala yang ditunjukkan pada orang dewasa. Anak-anak yang terpapar merkuri bisa mengalami:

  1. Perubahan tingkah laku seperti mudah marah, rewel saat disuruh tidur, dan sensitif terhadap cahaya.
  2. Kerusakan paru-paru
  3. Gagal pernafasan
  4. Kerusakan organ pencernaan
  5. Kematian pada kasus yang parah
Baca Juga:  Kelebihan Dempul Kayu Water Based

Sedangkan janin yang terpapar merkuri akan mengalami gangguan perkembangan baik secara fisik maupun kecerdasannya.

Memilih Cat yang Tepat

Bahaya merkuri dalam cat berbasis minyak bisa Anda hindari dengan penggunaan cat berbasis air. Kandungan toksik cat berbasis minyak yang banyak ditemukan pada pelarut minyaknya seperti thinner tidak akan mengenai Anda. Sebab sebagaimana namanya, cat berbasis air hanya menggunakan bahan air untuk formulasi dan pelarutnya. Kandungan logam berat pada cat berbasis air juga sangat rendah bahkan zero content dibanding cat berbasis minyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X