Kenali Clear Coat Water Based Sebelum Menggunakannya

Kenali Clear Coat Water Based Sebelum Menggunakannya

Selama ini Anda pasti hanya mengenal bahan finishing yang legal seperti oil based finishin yaitu bahan finishing berbasis solvent atau minyak. Sebagian besar di Negara asing seperti di Eropa dan juga Amerika kini telah menggunakan bahan finishing berbasis air untuk mengurangi emisi senyawa organik yang mudah menguap. (VOC), meningkatkan kualitas udara dan seharusnya mengurangi risiko kesehatan bagi semua yang terlibat.

Untuk kepatuhan di area terlarang, batasnya adalah VOC 3,5 ppm untuk basecoats dan 2.1 untuk primer dan membersihkan (yang masih merupakan pelarut berbasis lama). Meskipun Anda mungkin tidak menyukai perubahan itu, itu sudah terjadi dan kemungkinan besar akan menyebar ke area lain segera.

Baca Juga : perbedaan cat dengan waterbase dengan solvent base adalah ..

Kenali Clear Coat Water Based Sebelum Menggunakannya
Jumlah penggunaan bahan kimia pada cat khususnya solvent memiliki peringkat tertinggi.

Cat yang menggunakan bahan dasar air telah menjadi standar, karena 70 persen bahkan dari semua kendaraan OEM sekarang dicat dengan bahan ini. Sudah menjadi standar di Eropa untuk waktu yang lama, jadi sementara cat water based terbaru adalah teknologi baru, konsep ini tidak baru dan eksperimental.

Namun, dalam banyak kasus, cat berbasis pelarut minyak dapat diubah untuk mencapai pemenuhan melalui penambahan bahan kimia lain seperti KV1, yang ditambahkan ke cat berbasis pelarut Valspar untuk menurunkan VOC yang ditakuti.

Cat water based adalah persis apa namanya. Pelarut berbasis cat menggunakan pelarut untuk menangguhkan pigmen cat dan mengantarkannya ke permukaan untuk ditutupi, sementara cat yang dilapisi air menggunakan air.

Hampir semua cat yang berbahan dasar air menggunakan proses dua warna basecoat yang ditutupi oleh clear coat. Persiapan permukaan akhir untuk cat  water based sama dengan cat yang lebih tua: pengamplasan basah melalui beberapa lapisan clear coat dengan berbagai bubur kertas dan kemudian penggilingan terakhir.

Tahap awal meliputi penyemprotan primer dengan cara standar dengan bahan berbasis pelarut dan kemudian mantel sealer yang ditentukan oleh pilihan cat warna dasar. Jika ada pertanyaan, ada banyak panduan warna yang tersedia tergantung pada cat yang Anda pilih.

Keuntungan untuk cat yang ditularkan melalui air adalah memberikan cakupan yang lebih baik dalam lapisan yang lebih sedikit. Di mana diperlukan tiga hingga empat lapis untuk menutupi panel dengan cat berbasis pelarut, hanya akan membutuhkan satu hingga dua lapisan dengan lapisan cat water based, menggunakan lebih sedikit bahan secara keseluruhan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa hanya lapisan warna dasar dari sistem cat yang ditularkan melalui air; semua lapisan lainnya, termasuk clearcoat, masih berbasis pelarut dan disemprotkan dengan cara biasa. Hari-hari dari 26 lapisan pernis yang digosok tangan sudah berlalu — tetapi sekali lagi itu selalu lebih banyak tentang hak-hak yang membanggakan daripada kualitas.

Satu hal yang tidak akan Anda sukai adalah cat yang ditularkan melalui air harganya mahal, dan seluruh prosesnya lebih mahal daripada cat pelarut. Anda akan melihat biaya cat naik, dan peningkatan itu tidak terbatas hanya pada biaya bahan cat. Jika Anda belum membuat konversi bilik semprot, Anda akan memerlukan beberapa hal lagi, termasuk pistol CFM (juga dikenal sebagai pengering) untuk membantu memastikan cat disetel dengan cepat.

Seperti deskripsi sebelumnya dari cat yang ditularkan melalui air, cat baru ini membutuhkan peningkatan aliran udara untuk menghilangkan air dari cat, jauh melampaui cat berbasis pelarut standar. Penggunaan senjata-senjata itu membantu menghindari merosot dan berjalan, yang merupakan keluhan terbesar tentang cat yang ditularkan melalui air.

Cat water based tidak berbau seperti kaustik sebagai cat berbasis pelarut, tapi bukan berarti Anda bisa menyemprot tanpa pelindung gigi. Sebenarnya, justru sebaliknya memang benar. Meskipun tingkat VOC berkurang, cat yang ditularkan melalui air memiliki banyak bahan kimia yang mematikan bagi manusia. Respirator diperlukan setiap saat. Selain itu, karena waktu pengeringan yang lambat, cat tetap hidup di udara lebih lama.

Sebagian besar produsen cat terkemuka menawarkan cat berbasis pelarut rendah VOC yang memenuhi persyaratan undang-undang saat ini. Cat berkualitas tinggi ini menawarkan manfaat cat uretan yang menggunakan pelarut yang sama seperti yang kita alami selama 20 tahun terakhir.

Seperti halnya kebanyakan cat, ada rangkaian lengkap produk pendukung yang dirancang untuk memberikan hasil akhir terbaik saat digunakan dengan cat ini. Pencampuran dan pencocokan sistem cat harus dihindari. Ketika Anda mulai dengan satu jenis cat, Anda perlu membeli semua barang yang menyertainya.

Cat air harus dicampur dengan peredam seperti cat berbasis pelarut tradisional. Namun, langkah-langkah primer adalah sama hari ini karena mereka telah selama bertahun-tahun, tetapi menurut Jason Haskins dari Valspar Paint, tekstur permukaan akhir dari lapisan sealer harus lebih halus daripada cat berbasis pelarut biasa adalah yang terbaik. untuk permukaan sebelum mengaplikasikan lapisan pertama lapisan dasar.

Saat menerapkan lapisan dasar, mulailah dengan mantel tack ringan dan biarkan sampai berkedip selama beberapa menit (kering saat disentuh tapi tidak disembuhkan). Ke permukaan itu mengaplikasikan dua lapisan mantel basah, memungkinkan mereka untuk memantulkan cahaya.

Jatuhkan tekanan udara menjadi dua, gandakan jarak yang Anda pegang pistol dari permukaan, dan aplikasikan satu lapisan terakhir dengan 50 persen tumpang tindih — lapisan akhir harus terlihat seperti kaca buram. Menerapkan clearcoats dimulai dengan tack coat dan membiarkannya berkedip. Oleskan dua mantel lagi yang jelas (berbeda dari beberapa pelukis-yang suka mantel lebih) untuk menyelesaikannya.

Tips Menggunakan Clear Coat Water Based

Selalu tingkatkan pori kayu pada kayu mentah sebelum mengaplikasikan hasil akhir cat water based. Cukup sikat, spons atau semprotkan pada air suling dan biarkan kering secara menyeluruh (semalam adalah yang terbaik). Kemudian, balas dengan kertas grit terakhir Anda untuk mematahkan permukaan kayu yang kasar. Cat berbasis air harus diaplikasikan dengan cepat.

Jangan terlalu khawatir tentang tampilan hasil akhir yang basah. Aplikasi akan terlihat kurang menarik pada awalnya, tetapi cat berbasis air memiliki kemampuan luar biasa untuk cepat kering, seperti shrink wrap. Tanda sikat akan hilang-janji. Jika Anda kembali dan mencoba untuk mengerjakan ulang film, Anda kemungkinan akan menyebabkan kekacauan besar. Tahan keinginan. Jika Anda melihat titik debu, biarkan saja dan perbaiki masalahnya nanti dengan amplas dan lapisan lainnya.

Kenali Clear Coat Water Based Sebelum Menggunakannya
dua jenis kuas berbeda.

Belilah sikat nilon berkualitas terbaik untuk pekerjaan spindel, di sudut dalam dan tepinya yang sempit. Benang nilon tidak akan menyerap air dari ujung dan menjadi lembek seperti bulu alami. Kami menyukai sikat Golden Taklon, meskipun ada yang lain yang tersedia. Setiap serat diekstrusi ke suatu titik untuk menyerupai bulu alami. Sikatnya sangat lembut, dan diameter serat variabel menciptakan lebih banyak ruang untuk menampung bahan, yang berarti lebih sedikit penurunan dalam kaleng.

Kuas dari bahan sintetis adalah produk yang harus dimiliki dengan finishing berbasis air. Kuas tradisonal dari bulu babi akan meninggalkan potongan-potongan baja, yang akan bereaksi dengan air dan meninggalkan noda karat di lapisan yang bersih.

Kuas bulu sintetis tersedia dalam berbagai tingkatan dan tersedia di mana hasil akhir berbasis air dijual. Gunakan kuas bulu sintetis kasar hingga sedang di antara lapisan. Untuk menggosokkan lapisan terakhir, belok ke halus dan bagus. Kuas bulu sintetis tersedia di pusat-pusat rumah, toko perangkat keras dan toko kayu.

Produk Clear Coat Water Based Rekomended

Kenali Clear Coat Water Based Sebelum Menggunakannya

Aplikasi Biovarnish dengan kuas pada permukaan kayu.Jika Anda menanyakan produk apakah yang berkualitas maka Anda bisa menggunakan cat kayu water based Biovarnish dengan hasil aplikasi menggunakan kuas. Ada tiga varian produk Biovarnish yang bisa Anda gunakan selain clear coat untuk menghasilkan finishing close pore. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing close pore tersbeut maka Anda bisa memulainya dengan menggunakan Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain dan Biovarnish Clear Coat.

Hasil Clear coat yang telah diaplikasi dan mendapatkan kering sempurna yaitu transparan dengan sempurna. Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa menunggu cat mengering sekitar 7X24 jam.

Biovarnish Clear Coat berbahan dasar air ini tidak mengandung formalin sama sekali. Yang artinya produk ini tidak akan menimbulkan efek yellowing dengan bukti tidak ada aroma menyengat yang biasanya muncul  ketika produk dibuka.

Keunggulan Produk Biovarnish Clear Coat Water Based

Sebagai produk clear coat yang direkomendasikan, Anda tentu harus tahu apa saja kelebihan yang akan didapatkan. Bukan hanya sebagai pernis biasa yang diaplikasikan sebagai lapisan akhir, tetapi juga coating yang melindungi kayu. Biovarnish adalah produk aman yang keamanannya didapatkan dari formulasinya. 

Pembuatan Biovarnish mengikuti regulasi dari ECHA dan US EPA yang merupakan regulasi keamanan bahan kimia di Amerika dan Eropa. Anda tidak perlu bingung dalam memilih bahan finishing nantinya jika ingin menggunakan produk yang aman. Selain aman, keunggulan dari produk Biovarnish adalah sebagai berikut ini:

  • Bahan finishing tanpa bau menyengat

Banyak sekali orang yang sudah terganggu dengan bau cat, baik itu cat dinding hingga cat kayu. Khusus pernis sendiri, jika Anda menggunakan pernis dengan pelarut solvent dengan campuran thiner, bau yang menyengat tidak bisa dihindari. Kecuali Anda mulai beralih menggunakan Biovarnish clear coat. 

Produk dengan pelarut Air memiliki keunggulan dalam segi aroma. Anda tidak akan terganggu dengan bau menyengat yang biasanya keluar dari coating. Sehingga kegiatan finishing bisa menjadi lebih aman dan nyaman. 

  • Biaya finishing jadi lebih murah

Bagi Anda yang membuat furniture untuk kebutuhan bisnis, maka memilih bahan finishing yang murah tentu jadi hal yang utama. Tanpa takut soal biaya membengkak, Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat. Karena bahan pelarut air jadi penyebabnya. Anda tidak perlu takut soal biaya yang terlalu mahal.

Biaya bisa ditekan karena Anda tidak perlu membeli thinner yang menjadi bahan pelarut pernis konvensional. Dengan begitu biaya murah dengan clear coat Biovarnish sudah tidak perlu dipertanyakan kembali. 

  • Lebih cepat kering tanpa dijemur

Lapisan coating akhir ini bisa kering sentuh selama 24 jam berbeda dengan cat solvent yang waktu keringnya bisa mencapai dua hingga tiga hari. Belum lagi penjemuran bahan langsung di bawah panas matahari juga dibutuhkan. Anda tidak perlu tergantung dengan cuaca ketika ingin mengecat. 

Produk selain Biovarnish clear coat sendiri memiliki waktu kering lebih cepat yaitu 60 menit saja. Anda bisa mendapatkan coating yang kering dalam waktu satu jam juga tanpa dijemur. 

  • Mudah untuk diaplikasikan

Selain waktu kering yang lebih cepat di atas rata-rata, coating ini hanya perlu diaplikasikan menggunakan kuas. Pilihlah kuas dengan bahan bulu nilon yang kompatibel dengan air. Kuas juga sebaiknya produk baru atau pastikan bahwa bulunya bersih karena Anda akan mengecat dengan hasil warna transparan. 

Kuas juga akan memberikan sapuan yang halus bebas bekas sapuan kuas yang mengganggu hasil tampilan coating. Anda bisa menggunakan coating ini dengan kuas hingga rata ke seluruh permukaan furniture. 

  • Hasil warna transparan yang tahan lama

Biovarnish clear coat memiliki tampilan transparan yang bisa bertahan lama. Hasil transparan ini disebabkan tidak adanya kandungan formalin yang menjadi penyebab utama warna bisa menguning. Apalagi untuk jenis furniture indoor yang lebih cepat menguning lapisan coatingnya. 

Biovarnish clear coat merupakan cat kayu water based yang memastikan bahwa hasil warna coatingnya tidak berubah menguning. Baik itu furniture dalam ruangan atau luar ruangan. Apapun furniture yang digunakan, hasil warna natural dan transparan akan didapatkan dalam waktu yang lama. 

Produk ini adalah cat kayu water based yang bisa dipercaya untuk digunakan dalam waktu lama. Anda juga bisa menggunakannya pada furniture dalam atau luar ruangan tanpa takut hasilnya kotor. Ditambah lagi perlindungan jamur pun juga didapatkan. 

Ingin segera mendapatkan cat kayu Biovarnish ? Anda bisa membelinya langsung melalui situs ini. Apabila Anda ingin mendapatkan secara langsung bisa datang ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X