Cegah 5 Hal Ini Pada Saat Finishing Furniture

Menyadari lima hal buruk dalam finishing furniture ini akan membantu Anda mendapatkan hasil finishing kayu yang terbaik walaupun Anda seorang pemula.

Furniture adalah salah satu produk wajib yang harus ada di dalam setiap hunian. Bagi Anda yang menyukai furniture pasti ingin ingin mencoba membuatnya sendiri? Terlebih saat ini sudah sangat banyak jenis kayu yang ada di pasaran. Harga kayu pun bisa sangat bervariasi seperti jenis kayu pinus. Memang tidak ada salahnya Anda membuat furniture sendiri hingga sampai pada tahapan finishging dan furniture dapat digunakan. Bagi And yang menyukai finishing sendiri atau membuat furniture sendiri walaupun Anda tidak bekerja dibidang perkayuan bisa disebut dengan hobi. Para penghobi kayu di Indonesia tidak terhitung jumlahnya bahkan masih banyak sekali pemula yang ingin mengawali hobinya di bidang kayu. Jika Anda seorang penghobi pasti ingin melakukan eksperimen dan mencoba berbagai macam desain. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, maka Anda harus melakukan finishing yang tepat. Akan tetapi sebagai seorang pemula sudah pasti Anda menginginkan hasil yang terbaik walaupun pada kenyataannya sekali mencoba belum tentu bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Bahkan dalam hal finishing Anda bisa jadi tidak mengetahui teori dasarnya dan langsung mengecat.

Baca Juga : merk spray gun terbaik

Dalam finishing furniture ada lima hal yang harus Anda hindari agar mendapatkan hasil finishing yang terbaik. Berikut lima hal yang harus hindari: furniture retak karena menggunakan cat berkualitas buruk

  1. Tidak melakukan pembersihan media dengan benar

Anda mungkin masih meremehkan pentingnya kesiapan media yang akan difinishing. Media yang akan difinishing harus dipastikan sudah kering benar pastikan MC kayu adalah 12%. Ketika kayu tidak kering maka setelah finishing akan cepat tumbuh jamur. Untuk hasil yang lebih halus dan rata jangan lupa pastikan juga media memiliki permukaan yang sudah halus. Selalu lakukan pengamplasan pada media kayu yang masih belum rata dan juga berfungsi untuk membuka pori-pori.

  1. Tidak adanya pengamplasan

Seperti pada mempersiapkan media kayu, pada saat finishing Anda juga harus melakukan pengampaslan untuk membuka proi-pori kayu. Dengan pengampaslan maka cat yang sudah diaplikasikan bisa menjadi lebih halus dan juga rata. Apabila pori-pori kayu sudah terbuka maka cat akan lebih mudah meresap dan juga merekat pada permukaan media kayu. Maka jangan sampai Anda lupa untuk melakukan pengampalsanm pada saat mempersipkan media dan juga pada saat aplikasi cat.

  1. Knop atau bagian logam pada furniture tidak ditutup

Jangan lupa untuk menutup bagian furniture yang tidak diharapkan terkena cat seperti knop. Lakukan penutupan dengan selotip kertas karena akan meghalangi cat masuk. Jangan sampai Anda mengecat pada bagian knop karena akan sangat sulit menghilangkannya sesudah finishing dan finishing akan tampak tidak rapi.

  1. Pemilihan warna yang salah

Anda mungkin sudah melakukan riset atau mencari contoh. Tetapi pemilihan warna yang sesuai pada contoh akan sulit kecuali Anda bisa mendapatkan merk yang sama dan warna yang sama. Setiap merk akan memiliki tingkatan warna yang berbeda-neda sehingga Anda harus mecanri warna yang tepat. Salah pemilihan warna pasti akan membuat hasil finishing tidak sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Penggunanan produk cat yang murah

Sadari bahwa Anda bukanlah seorang profesional melainkan seorang pemula bahkan mungkin Anda baru pertamakali melakukan finishing. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan produk dengan harga yang mahal bukan yang murah. Produk yang memmiliki harga tinggi sudah pasti terjamin kualitasnya sehingga bagi Anda seorang pemula yang  baru mencoba melakukan finishing bukan suatu masalah karena diharapkan hasilnya bisa menjadi lebih baik. Berbeda halnya jika Anda menggunakan produk yang memiliki harga murah sudah pasti tidak berkualitas.

Lakukan Langkah Ini Untuk Finishing Furniture Anti Gagal

Apakah Anda mencari cara untuk finishing furniture yang anti gagal? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan finishing furniture yang anti gagal:

  1. Gunakan alat yang sesuai dengan kemampuancara menggunakan plitur yang benar

Selalu ingat bahwa Anda adalah seorang pemula dan bukan seorang profesional. Katika Anda seorang pemula maka gunakan produk yang sesuai atau alat yang sesuai. Jiak Anda belum memiliki kemampuan dengan spray gun sebaiknya gunakan kuas saja. Spray gun membutuhkan kemampuan khusus untuk Anda beradaptasi dan harganya juga tidaklah murah. Sedangkan kuas adalah alat yang sangat mduah didapatkan dan harganya sangat murah. Walaupun hanya dengan kuas Anda juga bisa mendapatkan hasil finishing yang sempurna dan juga rata atau halus.

  1. Contoh desain

Contoh ini akan menjadi sangat penting untuk Anda mengacu pada sebuah produk dan mempermudah finishing. Jangan sampai Anda hanya mengimajinasikan produk furniture yang akan digunakan karena keakuratan ukuran pun haris diperhatikan. Misalnya saja kursi, jika Anda tidka menggunakan ukuran yang tepat bisa jadi kursi tidak akan menjadi kokoh ketika digunakan. Seperti hasil finishing, Anda bis melihat contoh hasil finishing agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Memilih bahan finishing yang berkualitas

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa satu dari 5 hal yang harus dihindari pada saat finishing adalah memilih produk cat yang murah. Bahan finishing bagi seorang pemula harus dipilih dengan cermat, jangan karena harganya yang murah Anda menggunakannya. Padahal hasilnya belum tentu bagus. Sehingga jangan ragu untuk membeli produk dengan harga yang tinggi karena hasilnya pun sudah pasti berkualitas.

finishing kuas pada kayuDengan menjalani tiga langkah di atas maka pekerjaan finishing furniture Anda tidaklah sulit. Ada satu langkah lagi yang harus Anda perhatikan yaitu permasalahan waktu. Jangan sampai Anda terburu-buru dalam hal finishing. Walaupun cat yang diberikan sudah cepat kering Anda harus pastikan sudah benar-benar kering, cat yang sudah kering akan sangat mudah untuk diaplikasikan langkah selanjutnya. Sedangkan untuk cat yang belum kering akan mudah mengelupas ketika diamplas dan juga cat tidak akan memeberikan hasil yang bagus.

Produk Terbaik Untuk Finishing Furniture Warna Natural

Salah satu point penting adalah mencari produk finishing furniture yang berkualitas. Bagaimanakah tolak ukur dari berkualitas ini? Apakah bisa dilihat dari harganya? Memang benar produk dengan harga tinggi akan memiliki kualitas yang terbaik baik dari segi hal perlindungan dan juga dalam hal pemberian penampilan. Salah satunya adalah produk Biovarnish. Produk yang bisa digunakan dalam funiture indoor maupun outdoor ini sangat baik memberikan perlindungan panas, hujan, rayap dan jamur pada furniture kayu apapun. Produk Biovarnish sudah banyak digunakan di kalangan industri ekspor sehingga masalah kualitas usaha tidak diragukan lagi. Terdapat tiga varian yang wajib Anda gunakan dalam finishing furniture yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovarnish Clear Coat.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk Biovarnish ini bisa datang langsung ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi ke nomor 0231-320759 atau email di [email protected]. Bagi Anda yang tidak berada di wilayah Cirebon bisa menghubungi dan memesan via online di nomor 0878-3934-6433, 0822-2026-5056 atau BBM di D69F376B.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X