Menampilkan Natural Kayu Dengan Finishing Lemari TV? Lakukan 6 Langkah Ini!

finishing lemari tvTentu Anda tidak asing lagi dengan lemari tv atau wall unit yang biasanya digunakan untuk menaruh tv kan? Furniture tersebut biasanya memiliki rak-rak atau laci-laci untuk menyimpan barang-barang lain seperti buku-buku, peralatan kantor, atau peralatan dapaur seperti gelas, piring dll. Pada hunian minimalis, biasanya memilih desain furniture lemari tv dengan bentuk yang lebih slim atau bahkan menyatu dengan tembok agar tidak memakan tempat. Sedangkan pada hunian klasik atau modern, lemari tv menggunakan desain yang lebih lebar untuk mengisi kekosongan ruang.

Warna furniture lemari tv pun beragam, dari transparan sampai warna solid. Warna solid biasanya diaplikasikan pada bahan furniture kayu atau besi sedangkan untuk warna natural atau transparan biasanya pada furniture kayu. Sedangkan pada kayu, karena kelembaban ruangan menyebabkan warna kayu cepat memudar. Untuk menajaga warna kilap lemari tv Anda perlu melakukan perawatan. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah finishing lemari tv  untuk mengembalikan warna natural.

Perhatikan Finishing Lemari TV Yang Aman

Cat untuk finishing lemari tv yang beragam wananya memang lebih menggoda untuk dibeli, salah satunya cat dengan warna transparan. Perlu Anda ketahui, apakah cat yang Anda pilih itu adalah cat yang aman? Sebaiknya perhatikan penjelasan berikut!

lemari tvBahan pelarut minyak pada cat biasanya digunakan untuk melarutkan cat dan agar cat lebih cepat kering. Namun, cat tersebut mengandung merkuri dan timbal. Dua bahn tersebut jika masuk kedalam tubuh manusia maka akan menyebabkan gangguan hati atau bahkan kanker. Selain itu, jika gas atau uap yang dihasilkan oleh cat solvent based menyebar dalam ruangan akan mencemari lingkungan dan kesehatan orang didalam ruangan tersebut. Dalam jangka waktu pendeknya, jika cat tersebut dihirup akan mengakibatkan pusing-pusing atau mata pedih, jadi cat tersebut tidak disarankan digunakan untuk finishing furniture seperti finishing lemari tv di sekitar lingkungan Anda.

Baca Juga:  Harga dempul kayu  bagus Untuk Finishing Furniture Solid Color

Lebih disarankan menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan  untuk finishing lemari tv. Cat tersebut ramah lingkungan karena tidak mencemari lingkungan sekitarnya dan cenderung tidak berbau atau tidak memunculkan gas yang berlebihan. Cat water based kan sulit untuk didapatkan? Siapa bilang, saat ini cat water based sudah mulai Anda temui di toko-toko bangunan atau toko khusus menjual cat. Karena terus meningkatnya kesadaran masyarakat luas mengenai keamanan bahan cat yang digunakan, produsen cat pun mulai mengembangkan cat water based.

Aplikasi cat water based tidaklah begitu sulit, bahkan hampir sama dengan aplikasi plitur. Berikut langkah-langkah finishing lemari tv yang dapat Anda lakukan:

  1. Lapisi lantai sekitar lemari tv dengan koran atau kertas berkas lainnya agar lantai tidak kotor.
  2. Bersihkan lemari tv Anda menggunakan amplas. Tujuan pengamplasan adalah untuk menghilangkan kotoran atau minyak yang masih tertinggal di lemari tv Anda.
  3. Pastikan lemari Anda sudah bersih kemudian perhatian setiap bagian-bagian lemari tv apakah terdapat kerusakan seperti berlubang atau tidak. Jika ada, gunakan dempul untuk menyamarkan lubang tersebut.
  4. Amplas kembali terutama bagian yang sudah didempul sampai merata. Permukaan yang rata akan memudahkan aplikasi cat pada lemari tv.
  5. plikasikan cat menggunakan kain atau kuas yang sudah dilapisi kain. Tidak disarankan menggunakan kuas saja karena akan mengakibatkan bekas kuas tertinggal pada permukaan.
  6. Tunggu sampai kering kemudian aplikasikan kembali cat tersebut sampai menemukan warna kilap yang sempurna.

Cat water based yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah BioColours Biovarnish. Cat tersebut sangat cocok digunakan sebagai pengganti plitur konvensional atau pernis berbahan dasar shellac gum. Selain itu, cat tersebut lebih cepat kering, tidak berbau dan tidak beracun. Karena cat tersebut telah sesuai dengan standarisasi internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cat water based atau BioColours Biovarnish, silahkan hubungi Customer Care Bio Industries via telp ke no. ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Bio Industries merupakan perusahaan spesialis cat water based di Indonesia.

Baca Juga:  Mengaplikasikan Wood Stain Pada Furnitur Jati Dengan Kuas

Maka dari itu, gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan, seperti cat BioColours Biovarnish. Jangan biarkan racun dengan perlahan membunuh keluarga Anda. Gunakan ca water based sebagai finishing lemari tv demi kenyamanan dan kesehatan keluarga Anda. Semoga ulasan dan langkah-langkah aplikasi finishing lemari tv di atas memudahkan Anda untuk mengaplikasikannya di rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X