Mengenal Fungsi Silica Gel dan Jenis-Jenisnya

fungsi silica gelFungsi silica gel tidak hanya sebagai produk penyerap kelembaban dalam sebuah kemasan atau ruang penyimpanan. Silica gel memiliki sifat mencegah kerusakan karena jamur, bakteri, dll.

Hampir semua produk kemasan memiliki silica gel. Bahan mineral alami ini merupakan hasil penggumpalan dari natrium silikat (NaSiO2). Walaupun termasuk dalam jenis gel, produk ini berupa butiran-butiran kecil seperti kaca dengan jutaan nanoporous berukuran 24 nanometer. Fungsi silica gel yang utama ialah mengatur kelembaban udara dalam kemasan atau ruang penyimpanan. Prinsip kerja produk ini ialah menyerap kelembaban udara yang berlebih. Selain itu, silica gel masih memiliki beberapa fungsi yang lain.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Baca Juga : perbedaan silica gel biru dan putih

Jenis dan Fungsi Silica Gel Pada Berbagai Kemasan Produk

Fungsi silica gel tidak hanya sebagai penyerap kelembaban. Produk ini memiliki fungsi lain berdasarkan dari jenisnya. Silica gel sendiri dibagi menjadi tiga yaitu silica gel putih, silica gel natural dan silica gel biru. Silica gel putih dan silica gel natural lebih banyak digunakan pada semua produk kemasan. Jenis bahan penyerap kelembaban ini dinilai aman bagi makanan dan kesehatan manusia.

Silica gel putih merupakan butiran granul putih bening dari sodium silikat yang memiliki berjuta-juta nanoporous berukuran 2,4 nanometer. Sementara itu, silica gel natural merupakan jenis silica gel yang diolah dari bahan mineral alami. Biasanya, produk ini dikemas dengan kertas semi permeable dalam ukuran kecil-kecil.  

Karakter dari kedua silica gel tersebut ialah bersifat hydropilic (sangat aktif menyerap molekul air dalam udara). Kemudian tidak berbau, tidak berasa, tidak beracun, tidak terbakar, tidak berwarna, tidak reaktif dan tidak mudah terbakar. Produk ini banyak digunakan dalam industri farmasi, industri makanan, industri elektronik semi konduktor, sepatu, tas kulit, dll.

promo produk biovarnish sanding sealer

kegunaan silica gelFungsi silica gel baik silica gel putih dan natural  ialah sebagai penyerap kelembaban udara dalam ruang penyimpanan atau kemasan tertutup. Mencegah kerusakan akibat aktivitas jamur dan bakteri. Mencegah pembentukan karat pada logam. Mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro. Mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia akibat kelembaban udara.

Silica gel biru merupakan varian ketiga dari bahan penyerap kelembaban udara ini. Umunya, jenis silica gel ini hanya digunakan pada industri permesinan dan listrik. Silica gel biru tidak dianjurkan terhadap produk kemasan yang berhubungan dengan manusia. Hal ini disebabkan oleh kandungan cobalt chlorine yang dapat menyebabkan kanker. Fungsi silica gel ini ialah mengatasi kelembaban udara pada compressor, blower, ( pada mesin Air Conditioner)  box panel listrik dan trafo.

Dengan demikian fungsi silica gel yang paling utama ialah sebagai penyerap kelembaban. Produk silica gel dapat dipesan di Bio Industries melalui email: [email protected] atau melalui call centre : 0878 3934 6433

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart